Merawat Gigi dan Gusi Selama Hamil

Bagikan artikel ini

KOMPAS.com – Saat hamil, wanita perlu lebih menjaga kesehatannya karena hal itu juga ikut menentukan kesehatan janinnya. Mengurangi konsumsi kopi, menghindari sushi, atau berolahraga memang penting, namun menjaga kesehatan gigi juga penting dilakukan bagi ibu hamil.

Terlebih, menurut American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), permasalahan gigi selama hamil cukup sering ditemukan. Diperkirakan, 40 persen wanita hamil mengalami inflamasi gusi, keropos gigi, dan inflamasi akar gigi. Jika tidak diobati, maka kondisi tersebut akan berbahaya bagi ibu maupun janinnya.

Amanda Seay, dokter pakar kesehatan gigi anak mengatakan, inflamasi gusi yang terjadi hanya pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang membuat respon tubuh berlebihan pada plak yang sudah ada lebih dulu di mulut. “Reaksi pada racun dari plak meningkat selama kehamilan,” jelas Seay.

Oleh karena itu, jika sedang atau tengah merencanakan kehamilan, inilah yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan pada gigi dan gusi.

1. Sikat gigi teratur

Menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sebaiknya, gunakan pula pasta gigi bebas alkohol dan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri.

2. Pergi ke dokter gigi

Menurut ACOG, selama 2007 hingga 2009, 35 persen wanita tidak memeriksakan kesehatan giginya ke dokter gigi selama setahun terakhir, dan lebih dari setengahnya tidak melakukannya saat hamil. Padahal, memeriksakan kesehatan gigi merupakan hal yang esensial dilakukan untuk mendapatkan kesehatan gigi yang prima saat hamil ataupun di tengah terapi kesuburan.

3. Bersihkan karang gigi setiap enam bulan

Pembersihan karang gigi merupakan langkah terbaik untuk melindungi gigi dari penyakit, sayangnya kebanyakan orang khawatir melakukannya saat hamil. Padahal penelitian menunjukkan, tidak ada risiko melakukan perawatan gigi selama kehamilan.

4. Makan yang tepat

Saat tengah mengalami mual, memilih makanan yang tepat merupakan tantangan tersendiri. Namun demi gigi yang sehat, hal itu pun perlu dilakukan. Pilihlah makanan yang kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran, serta kacang. Selain itu, keju juga bisa dipilih untuk menjaga kekuatan gigi karena kaya kalsium.

5. Kunyah permen karet dan minum air

“Liur merupakan mekanisme perlawanan alami terhadap bakteri yang terbaik,” ujar Seay. Maka, pastikan wanita hamil untuk cukup minum air untuk menjaga produksi air liurnya tetap melimpah. Permen karet yang mengandung xylitol juga dapat meningkatkan produksi liur serta memperbaiki distribusinya ke seluruh bagian mulut.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close