Mengapa Pembersihan Karang Gigi Itu Penting?

Bagikan artikel ini

Sumber: https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/scaling-and-root-planing

Pembersihan karang gigi secara rutin dilakukan untuk membantu pasien dengan penyakit gusi dan penumpukan plak yang berlebihan. Penyakit gusi disebabkan oleh lapisan lengket bakteri yang disebut plak. Plak selalu terbentuk pada gigi kamu, tetapi jika tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dalam plak dapat menyebabkan gusi kamu meradang. Ketika ini terjadi, gusi anda akan terlepas dari gigi dan membentuk ruang yang disebut kantong. Plak kemudian terperangkap dalam kantong-kantong ini dan tidak bisa dilepas dengan penyikatan biasa. Jika tidak diobati, penyakit gusi dapat menyebabkan keropos tulang dan gigi.

Jika penyakit gusi ini diketahui lebih dini dan tidak merusak struktur di bawah garis gusi, pembersihan gigi harus dilakukan. Namun, jika kantong antara gusi dan gigi kamu terlalu dalam, pembersihan karang gigi dan perawatan akar gigi mungkin diperlukan.

Pada bulan Juli 2015, sebuah studi dalam Journal of American Dental Association menjelaskan bahwa pembersihan karang gigiĀ  dan perawatan akar gigi sangat bermanfaat bagi pasien yang mengidap periodontitis kronis (infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga pada gigi). Periodontitis kronis mempengaruhi 47,2% orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun di Amerika Serikat.

Pembersihan karang gigi adalah ketika dokter gigi kamu membersihkan semua plak dan karang gigi (plak yang mengeras) di atas dan di bawah garis gusi, dan mepmastikan untuk membersihkannya sampai ke bagian bawah kantong. Kemudian dokter gigi kamu akan mulai melakukan perawatan akar gigi yaitu dengan menghaluskan akar gigi untuk membantu gusi kamu menempel kembali ke gigi. Pembersihan karang gigi tersebut mungkin membutuhkan lebih dari satu kunjungan untuk membersihkannya jika plak dan karang gigi kamu terlalu menumpuk dan mungkin memerlukan anestesi lokal.

Setelah pembersihan karang gigi, kamu mungkin merasakan sakit selama satu atau dua hari dan merasakan sensitivitas gigi hingga satu minggu. Gusi kamu juga kemungkinan bisa bengkak, terasa lunak dan berdarah. Untuk mencegah infeksi, mengendalikan rasa sakit, atau membantu kamu sembuh, dokter gigi kamu mungkin akan meresepkan obat.

Perawatan gigi yang baik di rumah sangat penting untuk membantu mencegah penyakit gusi menjadi lebih serius atau berulang. Sikat gigi kamu dua kali sehari dengan sikat lembut, bersihkan sela-sela gigi kamu setiap hari, makan makanan yang seimbang, hindari penggunaan tembakau dan temui dokter gigi kamu secara teratur.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah Rempah Asia)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti Pembersihan Karang Gigi Pada Gingivitis Akut (Scaling gigi) dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close