Mari Kita Kenali Spesialisasi Dokter Gigi

Bagikan artikel ini

Saat ini dunia Kedokteran gigi telah berkembang sangat pesat baik dalam hal teknologi maupun cabang ilmunya. Kalau dulu masyarakat banyak mengira bahwa dokter gigi adalah dokter umum yang mengambil spesialis gigi, padahal dokter gigi menempuh pendidikan langsung di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Rata-rata masyarakat kita sudah mengerti spesialisasi apa saja dalam bidang kedokteran umum, Namun, tidak banyak masyarakat yang mengetahui apa saja spesialisasi bidang kedokteran gigi.

Dokter Spesialis Ortodontia yang sedang bekerja di Klinik Gigi Joy Dental

Gambar Dokter Spesialis Ortodontia yang sedang bekerja di Klinik Gigi Joy Dental

Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran gigi tertentu. Seorang dokter gigi umum akan menempuh pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) selama kurang lebih 8 semester, dilanjutkan dengan kerja praktek sebagai Ko-ass di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RGSM) selama 2 tahun. Setelah melalui banyak ujian, barulah Koass tersebut akan memperoleh gelar dokter gigi.

Bila dokter gigi akan mengambil spesialis, maka harus menempuh kembali pendidikan profesi lanjutan dari pendidikan dokter gigi umum. Cabang ilmu spesialisasi dokter gigi yang ada di Indonesia yaitu:
1. Spesialis Kawat gigi / Orthodontist (gelar : Sp. Ort)
2. Spesialis Bedah Mulut dan Maksillofacial / Oral Surgeon (gelar : Sp. BMM)
3. Spesialis Konservasi Gigi / Endodontist (gelar : Sp. KG)
4. Spesialis Kedokteran Gigi Anak / Pedodontist (gelar : Sp. KGA)
5. Spesialis Penyakit Mulut (gelar : Sp. PM)
6. Spesialis Periodonsia (gelar : Sp. Perio)
7. Spesialis Gigi Tiruan/ Prostodontist ( gelar : Sp. Pros.)
8. Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (gelar : Sp. RKG)
Saat ini kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan perawatan gigi cukup tinggi, banyak yang sudah menyadari pentingnya mendapatkan pelayanan gigi dengan kualitas yang baik. Untuk menjaga kualitas pelayanan yang baik, maka Klinik Gigi Utama Joy Dental sudah memiliki dokter gigi Spesialis antara lain : Spesialis Orthodontia, Spesialis Bedah Mulut, Spesialis Konservasi Gigi serta Spesialis Prostodontia. Silahkan konsultasikan masalah gigi anda ke Klinik Gigi Joy Dental untuk mendapatkan pelayanan gigi spesialistik kami.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close