Beranda » Artikel » Manfaat Obat Kumur Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut

Manfaat Obat Kumur Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut

Februari 12, 2022

Manfaat obat kumur untuk gigi dan mulut
Klinikjoydental.com - Pada artikel kali ini Min-Joy akan memberikan info tentang apa saja manfaat obat kumur. Sobat Joy sudah tahu belum? Ternyata menyikat gigi secara rutin (minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur) belum cukup untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Karena menyikat gigi saja ternyata tidak dapat menjangkau keseluruhan bagian gigi dan mulut secara maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan suatu cara supaya kebersihan mulut dan gigi terjaga secara lebih maksimal. Salah satunya adalah dengan penggunaan obat kumur.

Nah, apa itu obat kumur? Simak penjelasannya berikut ini ya

Obat kumur adalah suatu larutan atau cairan yang mengandung zat aktif, yang digunakan untuk membantu membersihkan mulut dari plak dan organisme yang dapat menyebabkan penyakit rongga mulut serta memberikan kesegaran pada rongga mulut. Penggunaan obat kumur ternyata dapat membantu menyingkiran plak secara mekanis, karena obat kumur dapat mencapai lebih banyak permukaan gigi di rongga mulut yang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Apa Saja Manfaat Obat Kumur untuk Kesehatan Mulut kita?

Selain menjaga kebersihan mulut, manfaat obat kumur lainnya yaitu dapat menyegarkan nafas, membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi plak dan mencegah atau mengurangi radang pada gusi. Pemakaian obat kumur disarankan dilakukan dua kali dalam sehari setelah menyikat gigi.

Namun, dalam memilih obat kumur, Sobat Joy harus lebih cermat ya, karena beberapa obat kumur yang tersedia di pasaran mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini lama kelamaan akan membuat mulut kering dan kehilanagn kelembaban. Apabila Sobat Joy memiliki masalah terkait mulut kering, sebaiknya pilih obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalam nya ya.

Penggunaan obat kumur merupakan pembersih tambahan dan bukan pengganti, jadi tetap perlu menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan periksa rutin kondisi gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Perlu diingat, pemakaian obat kumur bukan berarti dapat mengatasi segala keluhan gigi dan mulut yang dialami ya Sobat Joy. Jika sobat Joy mempunyai keluhan gigi dan mulut, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi terdekat ya sobat Joy.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Ditinjau oleh drg. Rahma Syarafina M.

Sumber:

https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/8063/120600041.pdf?sequence=1&isAllowed=y

http://jurnal.unpad.ac.id/farmasetika/article/view/15893/10685

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram