Makan Bakso Panas Plus Es Teh, Enak Sih Tapi Gigi yang Tersiksa

Bagikan artikel ini

2d8c775c-0e29-45c9-bb1e-c3063d80ca4c_43Jakarta, Kebiasaan makan makanan panas bersamaan dengan mengasup yang dingin-dingin di satu kesempatan bisa berdampak tidak baik pada gigi. Gigi akan menderita karena bisa mengalami trauma.

“Makan panas lalu langsung yang dingin itu bisa bikin gigi trauma. Kalau terus-terusan, maka perlahan gigi akan menjadi retak,” ucap drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (15/9/2015).

Jika sudah retak, maka di kemudian hari bisa saja gigi tersebut akan patah tiba-tiba. Jadi, jika gigi Anda patah tiba-tiba, ada baiknya melihat kembali kebiasaan makan selama ini apakah telah menyebabkan gigi trauma.

Gigi trauma bukan hanya karena makan makanan yang panas dan dingin bersamaan, tapi bisa juga karena gigi terbentur sesuatu yang keras. Misalnya saja, saat seseorang jatuh dari sepeda, gigi tertumbuk tanah atau jalan. Kemungkinannya ada dua, gigi akan lepas atau justru posisinya mencuat naik.

“Kalau gigi masih bisa dipertahankan, tentu bisa diperbaiki dengan menggunakan kawat gigiProsedur Pasang Behel Kawat Gigi... baca selengkapnya.... Jadi giginya yang naik nantinya bisa turun lagi,” tutur drg Ira.

Menurut drg Ira, jika gigi yang trauma dibiarkan mencuat bisa jadi lama-kelamaan akan copot. Cara lainnya, jika gigi yang trauma sedikit goyang maka bisa diterapkan splinting, yakni menggunakan alat yang dibuat untuk menstabilkan atau mengencangkan gigi-gigi yang goyang.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close