Mahasiswa UMY Membuat Jam Pengingat Gosok Gigi Anak

Bagikan artikel ini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Seorang mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan jam digital pengingat gosok gigiSelain Gosok Gigi, Banyak Makan Serat Bisa Bantu Lindungi Kesehatan Mulut... baca selengkapnya... untuk anak.

Mahasiswa bernama Andi Sugiarto itu mengatakan, alat tersebut terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Komponen itu meliputi jam digital, perekam suara alarm, dan pengeras suara atau speaker. Jam digital digunakan sebagai penunjuk waktu. Adapun perekam suara alarm untuk merekam bunyi alarm yang diinginkan dan dua pengeras suara berfungsi mengeluarkan bunyi alarm dalam waktu yang berbeda.

“Cara kerja jam digital itu tidak begitu rumit dan mudah digunakan oleh penggunanya. Langkah pertama, pengguna harus menentukan waktu yang tepat agar jam alarm berbunyi,” katanya di Yogyakarta, Rabu (4/1/2012).

Ia mengatakan, waktu tersebut ditentukan sesuai dengan waktu anak-anak menggosok gigiAnak Usia 5 Tahun Sudah Bisa Dibiarkan Gosok Gigi Sendiri? Ah Belum Tentu... baca selengkapnya..., misalnya pagi dan sore. Setelah waktu alarm ditentukan, tahap selanjutnya pengguna memilih suara alarm yang akan dibunyikan. Terdapat dua pilihan suara peringatan, yakni bisa menggunakan lagu anak-anak dan suara bapak atau ibu yang seakan-akan mengingatkan anaknya untuk gosok gigi. Suara itu dapat direkam secara langsung dan berdurasi selama 15 detik. Berhubung alat ini memiliki dua speaker, maka suara alarm pagi akan berbunyi pada speaker sebelah kanan dan alarm sore pada sebelah kiri.

“Selain alat itu sangat berguna untuk mengingatkan anak menggosok gigi. Dalam proses pembuatannya juga tidak memakan biaya yang mahal,” katanya. Ia berharap jam ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dan bermanfaat bagi orangtua yang memiliki kesibukan dan rutinitas.

 


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close