Konsumsi Serat Bantu Jaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Bagikan artikel ini

KOMPAS.com-Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah seimbang. Tidak hanya hewani, asupan nabati tidak boleh dilupakan dalam konsumsi makanan sehari-hari. Asupan nabati diperoleh dari sayur dan buah, baik yang diolah atau langsung dikonsumsi.

Sayur dan buah merupakan asupan yang kaya serat. Dalam sehari-hari tubuh memerlukan 25-40 gram serat untuk orang dewasa. Kecukupan serat memungkinkan pencernaan tetap sehat dan berat badan tidak lekas bertambah.

Kecukupan serat bagi tubuh ternyata juga  dapat mempengaruhi kesehatan gusi. “Makanan berserat seperti buah dan sayur punya kemampuan self cleansing alami pada plakPengertian Karang Gigi /CALCULUS... baca selengkapnya... gigi. Gigi yang bersih menghindarkan gusi dari peradangan,” kata Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, drg. Hari Sunarto Sp.Perio (K) pada seminar Sepelekan Penyakit Gusi Sebabkan Gigi Tanggal pada Orang Dewasa, Kamis, (25/10/2013), di Jakarta.

Self cleansing terjadi saat makanan berserat dikunyah dalam rongga mulut. Ketika dikunyah, makanan berserat menggosok permukaan gigi yang dipenuhi plak.  Hilangnya plak menjaga gigi tetap bersih dan sehat.

Makanan berserat tinggi juga dapat menstimulasi aliran air ludah (salivaProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya...), yang berperan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulutBau Mulut? Simak Cara Pencegahannya... baca selengkapnya.... Sebagai alat pertahanan, saliva dapat menetralisir asam penyebab kerusakan gigi5 Langkah Membersihkan Mulut dan Gigi... baca selengkapnya.... Saliva juga mengandung kalsium dan fosfat, yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi.

Selain itu, konsumsi makanan berserat mampu menstimulasi gigi menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan makanan berserat memiliki tekstur renyah, sehingga menuntut gigi mengunyah lebih kuat. Makanan juga harus dikunyah lebih lama supaya halus dan mudah ditelan.

“Karena itu konsumsi makanan berserat harus dilakukan gigi bagian kanan dan kiri. Sehingga kedua bagian bisa sama kuatnya. Jika hanya salah satu yang digunakan, rahang akan tumbuh miring dan menyebabkan susunan yang asimetris,” kata Heri.

Pengunyahan kedua sisi juga memungkinkan gigi kanan dan kiri sama bersihnya.

Selain mengkonsumsi makanan berserat, tentunya gigi harus rutin dibersihkan. Gigi yang bersih akan mencegah terjadinya peradangan gusi (inflamasi), yang ditandai adanya pendarahanGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya.... Sedikitnya gigi harus dibersihkan usai sarapan dan sebelum tidur.

Peradangan yang mampu dicegah akan menghindarkan gigi lekas tanggal. “Untuk usia tua gigi tanggal memang peristiwa lumrah dikarenakan menurunya kalsium dalam tubuh. Namun tetap saja kesehatan gusi dan gigi harus dijaga sebaik-baiknya,” kata Heri.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close