Kesehatan Seseorang Juga Bisa Tercermin dari Kondisi Air Liurnya

Bagikan artikel ini

b03f287e-1886-4813-aadd-1337a091b840_43Jakarta SalivaProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya... atau air liur merupakan zat utama dalam pencernaan makanan. Saliva juga berfungsi melindungi gigi dari kariesProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya..., melindungi mulut dari infeksi, dan membantu proses mengunyah dan menelan.

Tanpa saliva kita tidak akan mampu memecah makanan untuk kemudian dicerna. Dr drg R. Wasis Sumartono juga mengatakan bahwa air liur berfungsi sebagai disinfektan alami bagi mulut. Selain itu, air liur juga berperan terhadap sensitivitas lidah.

“Pada orang normal, jika lidah mendeteksi rasa, secara refleks air ludah akan diproduksi. Namun pada orang dengan halitosisBau Mulut? Simak Cara Pencegahannya... baca selengkapnya... (bau mulutSelain Gosok Gigi, Banyak Makan Serat Bisa Bantu Lindungi Kesehatan Mulut... baca selengkapnya... karena produksi air liur berkurang), misalnya ketika mengonsumsi makanan manis, maka akan terasa kurang manis karena produksi air ludah berkurang,” ujar Dr Wasis.

Setiap hari, tubuh setidaknya memproduksi 50 ons air liur. Meskipun Anda jarang memerhatikannya, air liur merupakan salah satu indikator terbaik dalam menentukan kondisi kesehatan Anda.

Berikut beberapa kondisi kesehatan yang dapat diketahui berdasarkan produksi air liur Anda, seperti yang detikHealth kutip dari berbagai sumber pada Kamis (20/8/2015):


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close