Kenali Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Mulut

Bagikan artikel ini

3189f27a-159d-4e80-b390-ecdb15d996d4_43Jakarta, Kanker mulutLisa Ketahuan Idap Kanker Mulut Saat Giginya Retak karena Buka Tutup Botol... baca selengkapnya... atau yang biasa dikenal sebagai oral cancer adalah kanker yang tumbuh dalam rongga mulut. Kanker mulut dapat muncul di bibir, gusi, lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, dan dasar mulut.

Kanker mulut juga termasuk kanker yang mematikan di Indonesia. Kanker mulut muncul ketika DNA dari sel di daerah rongga mulut mengalami mutasi. Ketika DNA sudah bermutasi, maka akan merambat ke sel-sel yang masih sehat dan terakumulasi menjadi tumor.

Awalnya, sel kanker ini akan menyerang sel skuamosa pada jaringan mulut, lalu menjalar dan menyerang sel-sel sehat dalam mulut. Seperti dirangkum detikHealth pada Jumat (11/9/2015), faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut adalah penggunaan tembakau, misalnya merokok dan mengunyah tembakau.

Faktor lainnya yakni konsumsi alkohol, orang dengan risiko tertular penyakit seksual yang disebabkan Human Papiloma Virus (HPV), kebiasaan menginang sirih, dan terkena paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya atau pelembab.

Sebanyak 34.000 orang Amerika dinyatakan positif terkena kanker mulut setiap tahunnya. Angka kematian tiap tahunnya dilaporkan sebanyak 8.000 kasus dan jumlahnya meningkat setiap tahun. Sementara, di Inggris dan Wales, sebanyak 920 orang meninggal akibat kanker mulut setiap tahunnya.

Umumnya, kanker mulut terjadi pada orang dengan usia 40 tahun ke atas. Baik pria maupun wanita rentan terkena penyakit ini, mengingat tidak sehat juga dilakukan baik oleh wanita maupun pria. Sering kali, kebiasaan-kebiasaan ini diperparah dengan sariawan dan panas dalam.

Belum lagi sariawan dan panas dalam bisa membuat rongga mulut keringMulut Kering Dan Kurang Percaya Diri Dengan Nafas... baca selengkapnya... dan mudah terluka akibat aktivitas mengunyah atau berbicara. Bila menemukan kondisi rongga mulut yang mengkhawatirkan, disarankan untuk segera periksa ke dokter gigiMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya... untuk mencegah timbulnya anomali lain dalam rongga mulut yang dapat mengarah kepada keganasan.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close