Beranda » Artikel » Kenali, Ini Berbagai Penyebab Warna Gigi Bisa Berubah

Kenali, Ini Berbagai Penyebab Warna Gigi Bisa Berubah

Mei 25, 2015
Ditulis oleh Joy Dental

Kebersihan gigi dan mulut turut mempengaruhi penampilan seseorang. Dengan kondisi gigi yang putih dan bersih serta bebas halitosis alias bau mulut, seseorang pastinya akan lebih percaya diri. Namun, beberapa orang ada yang minder karena giginya justru berwarna kuning atau bahkan menghitam.

Menurut Prof Dr Lindawati S.Kusdhany, drf., Sp.Pros(K), perubahan warna pada gigi bisa disebabkan berbagai faktor misalnya noda akibat konsumsi teh, kopi, rokok, ada kelainan email, dan pengaruh obat yang dikonsumsi saat pembentukan email.

"Atau bisa juga perubahan warna gigi karena giginya sudah non vital. Gigi bisa jadi non vital karena beberapa kondisi misalnya pernah kena trauma," kata Prof Linda kepada detikHealth, Kamis (10/4/2014).

Terkait konsumsi obat, disebutkan Prof Linda beberapa obat tertentu yang diminum tanpa pengawasan dokter seperti antibiotik golongan tetrasiklin yang diminum saat masa pertumbuhan bisa mengakibatkan perubahan warna gigi lebih gelap atau diskolorasi. Warna gigi yang menghitam juga bisa disebakan karena penyakit terkait email dan dentin, salah satunya infeksi yang dialami ibu saat mengandung dan mempengaruhi pertumbuhan email pada gigi janin.

Untuk mengatasi perubahan warna gigi, menurut Prof Linda ada beberapa cara yang bisa dilakukan mulai dari skaling atau pembersihan karang gigi sampai bleaching atau pelapisan gigi atau veneer.

"Dokter akan melakukan tindakan sesuai penyebab berubahnya warna gigi, kalau bleaching nanti ditentukan bleaching jenis apa yang paling sesuai dengan kondisi pasien," tutur Prof Linda.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram