Kamu pengguna behel? ini dia makanan yang baik untukmu

Bagikan artikel ini

Pengguna behel biasanya akan merasakan sakit selama beberapa hari di awal setelah pemasangan. Namun, dengan pemilihan makanan yang baik dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Karena beberapa jenis makanan dapat tersangkut pada celah behel, makanan yang terlalu keras dapat mempengaruhi posisi behel, atau bahkan menyebabkan kerusakan pada behel dan area gigi di sekitarnya. Dengan mengetahui makanan apa yang harus dimakan dan bagaimana memakannya akan membuat lebih mudah beradaptasi dengan kawat gigi.
Ada 3 tips dalam memilih makanan bagi pengguna behel antara lain:

1. Pilih makanan yang lembut
Makanan lembut yang tidak perlu dikunyah merupakan makanan yang tepat untuk pengguna behel. Makanan lembut tidak akan merusak kawat gigi dan juga tidak menyebabkan nyeri pada gigi sensitif. Beberapa makanan seperti sayuran keras tetap bisa dimakan, tetapi lebih baik mengukusnya terlebih dahulu agar makanan menjadi lembut dan mudah digigit.
Beberapa makanan yang tidak akan menyakiti gigi sensitif antara lain yoghurt, sup, daging lembut tanpa tulang (ayam, kalkun, bakso), makanan laut lembut tanpa tulang (ikan, olahan), pasta/mi, nasi, telur, kacang yang dimasak, kue yang dipanggang (biskuit dan muffin), pudding, pisang, jus buah, es krim, atau susu kocok (milkshakes), jeli.

2. Hindari makanan yang keras
Makanan keras dapat merusak kawat gigi dan menyebabkan nyeri ringan setelah kawat gigi dipasang. Hindari semua makanan yang keras atau sulit dikunyah, terutama setelah jadwal pemeriksaan gigi.
Beberapa makanan keras yang harus dihindari antara lain semua jenis kacang-kacangan, berondong jagung (popcorn), roti keras (bagels), keripik (kentang dan tortila), tortila keras (tacos), wortel mentah (kecuali dipotong kecil), apel (kecuali dipotong kecil)

3. Jangan makan makanan yang lengket
Makanan yang lengket tidak baik untuk kawat gigi dan dapat menyebabkan sakit jika mengunyahnya dengan kawat gigi baru. Permen dan permen karet adalah makanan lengket yang paling parah dan harus dihindari. Beberapa makanan lengket yang harus dihindari antara lain semua jenis permen karet, licorice, gula-gula, caramel, cokelat, keju
Anjuran dalam pemilihan makanan tersebut tidak serta-merta menjadi batasan untuk pemakai behel yang ingin menjalani pola makan bergizi seimbang. Bila makanan tertentu tidak dapat dikonsumsi karena teksturnya keras, bisa mencari alternatif lain yang tidak kalah sehat. Dengan begitu, memakai behel tidak akan menjadi halangan untuk menjalani gaya hidup yang baik.
Sumber: https://id.wikihow.com/Makan-dengan-Kawat-Gigi-Baru-atau-Kencang


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close