Jauhi Kandungan Makanan Ini Agar Gigi dan Mulut Lebih Sehat

Bagikan artikel ini

Tidak banyak yang menyadari bahwa jenis makanan yang dipilih dan frekuensi memakannya memiliki dampak besar pada kesehatan gigi dan mulut.Selama ini, kebanyakan orang hanya dapat mengeluhkan gangguan seperti plak, gigi berlubang, gusi berdarah, gigi menguning hingga bau mulut tanpa menyadari bahwa salah satu pemicunya adalah konsumsi berbagai jenis makanan secara berlebihan.

Menurut penelitian dari 947 responden di Indonesia, 89% mengetahui beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat berpotensi mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Berikut adalah makanan dan minuman yang berpotensi mengganggu kesehatan gigi dan mulut :

1. Makanan dan minuman berkafein

Berdasarkan survey di Jabodetabek, sebanyak 56% pria dan 45% wanita lebih sering mengkonsumsi kopi dibandingkan minuman lainnya. Padahal, jika dikonsumsi terus menerus, minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat meningkatkan kadar asam dalam mulut yang mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Senyum Anda jadi tidak sedap dipandang.

2. Makanan berkadar gula tinggi

Siapa yang tidak suka makanan manis? Cemilan seperti permen, kue-kue, coklat, sangat mudah dikonsumsi untuk menunda lapar. Bahayanya, saat kita mengunyah makanan berkadar gula tinggi, bakteri dalam mulut akan membuat lapisan gigi menjadi lunak sehingga menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, sisa-sisa makanan manis yang tertinggal di sela-sela gigi juga berpotensi menyebabkan radang gusi serta bau mulut.

3. Makanan yang mengandung asam (acid)

Makanan-makanan asam seperti asinan buah, acar dan yogurt, cenderung memiliki tingkat keasaman tinggi yang mampu membuat kerusakan pada bagian luar gigi.Jika dikonsumsi terus menerus, makanan-makanan ini berpotensi merusak rongga mulut dalam jangka panjang. Anda boleh saja mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut asalkan frekuensinya dibatasi. Selain itu, imbangi dengan perawatan gigi dan mulut yang tepat dan menyeluruh. Menyikat gigi dengan teratur saja tidak cukup karena hanya membersihkan 25% dari area mulut. Sisa-sisa makanan dan minuman tersebut dapat saja tertinggal di sela-sela yang sulit terjangkau.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk melengkapi perawatan dengan penggunaan mouthwash. Mouthwash dapat menjangkau bagian-bagian sulit dalam mulut sehingga mulut dijamin bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Sebagai tips, pilihlah mouthwash dengan perlindungan lengkap seperti Listerine Multi Protect.
Listerine Multi Protect memiliki kandungan empat essential oil, zinc dan fluoride yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh bagi gigi dan mulut, mencegah pertumbuhan bakteri dan menguatkan lapisan email gigi.Berdasarkan uji klinis,mouthwash inovasi terbaru ini dapat mengatasi enam masalah gigi dan mulut yang sering dialami orang Indonesia.

Gunakan dua kali sehari secara rutin sesudah menyikat gigi dan sesudah makan untuk perlindungan lebih maksimal.Jangan lupa, kunjungilah dokter gigi Anda secara rutin untuk mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *