Ini Dia Daftar Asupan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Gigi

Bagikan artikel ini

Rajin sikat gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... dan flossing merupakan langkah utama untuk menjaga kesehatan gigiPENTING: 3 Alasan Check-Up Gigi Rutin... baca selengkapnya.... Namun jangan salah, asupan yang kita konsumsi setiap hari juga berpengaruh pada gigi. Membatasi atau menghindari jenis asupan tertentu bisa bantu cegah Anda mengalami sakit gigiHubungan Sakit Gigi dan Diabetes... baca selengkapnya... lho.

Dikutip dari Periclean, Kamis (19/9/2013), berikut daftar makanan dan minuman terburuk bagi gigi:
Makanan yang Buruk:

1. Berry berwarna

Buah ini mengandung pewarna alami yang bisa tertinggal pada gigi. Selain itu, buah yang terlalu asam juga bisa mengikis enamel dan bahkan memberi efek noda pada gigi.

2. Buah kering

Buah kering diketahui sebagai salah satu makanan yang lengket dan tinggi kalori. Seringkali buah ini akan tersangkut di antara gigi dan tak bisa lepas dengan mudah, sehingga dapat menyebabkan gigi berlubangCara Sikat Gigi Keliru Sebabkan Gigi Berlubang... baca selengkapnya... dan masalah lainnya.

3. Permen kenyal

Sama seperti buah-buahan kering, gula dan asam yang terdapat di dalam permen kenyal dapat menimbulkan bakteri dan menyebabkan kerusakan gigi5 Langkah Membersihkan Mulut dan Gigi... baca selengkapnya....

4. Soda dan minuman olahraga

Sudah bukan rahasia bahwa soda tidak baik untuk gigi karena kandungan gula dan asamnya sangat tinggi. Selain itu, asam pada minuman olahraga juga diketahui dapat menodai gigi.

5. Kopi dan teh

Kedua jenis minuman ini secara alami juga dapat memberi noda permanen jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

6. Makanan berbahan tepung

Termasuk di antaranya kerupuk, kentang goreng, roti putih dan cake. Jenis makanan ini bisa bersarang di gigi dalam waktu yang cukup lama dan menyebabkan pembentukan bakteri sehingga gigi berisiko menjadi berlubang.

Sementara makanan dan minuman berikut sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan gigiKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... Anda:

1. Buah-buahan yang kaya serat dan sayuran

Termasuk di antaranya buah pir, apel, seledri, sayuran hijau, bawang dan wortel. Buah-buahan ini membantu menetralkan asam dan enzim. Selain itu mereka juga dapat meningkatkan produksi air liur.

2. Produk susu

Produk susu seperti susu murni, keju dan yogurt tidak hanya memberikan kalsium, tetapi juga dapat membantu memberi asupan mineral yang penting bagi kesehatan gigi.

3. Permen karetKunyah Permen Karet Perangi Satu Miliar Bakteri... baca selengkapnya... tanpa pemanis

Mengunyah permen karet diketahui dapat membantu meningkatkan produksi air liur dan menghilangkan partikel makanan yang mungkin terjebak di antara gigi.

4. Air putih

Konsumsi air putih yang cukup nyatanya juga berpengaruh positif terhadap kesehatan gigi. Air dapat ‘menguras’ gula dan asam dari mulut secara keseluruhan.

5. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan kaya akan vitamin, mineral, kalsium dan protein. Kacang yang biasanya bertekstur agak keras juga diyakini dapat membantu merangsang produksi air liur, sehingga mulut akan tetap bersih.

6. Ikan

Daging ikan kaya akan kalsium, vitamin D dan fosfor, sehingga konsumsi daging ikan sangat baik untuk gigi dan kesehatan tubuh secara umum.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close