Ini Bahaya Kebiasaan Gigiti Pulpen

Bagikan artikel ini

13db0ef4-0f9d-4567-82b6-35e0e2f0ccc3_169Jakarta, Beberapa orang punya kebiasaan menggigit pulpen. Jika Anda punya kebiasaan ini, sebaiknya segera hentikan.

drg William Tanzil, Sp.Pros. mengatakan kebiasaan menggigiti pulpen akan membuat gigi berubah bentuknya.

“Kebiasaan itu dalam waktu lama akan membuat gigi berubah bentuk, mengikuti bagian pulpen yang digigit,” ujar drg William dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) di HHDC Clinic, Thamrin City – Office Suite lantai 3 unit 2, Jl. KH Mas Mansyur (lobby Cosmo Terrace), Jakarta Pusat, Sabtu (8/8/2015).

Menurut dr William, beberapa orang yang punya kebiasaan menggigit kabel juga mengalami masalah serupa. Biasanya kebiasaan ini dimiliki pekerja bangunan atau pekerja yang banyak bersentuhan dengan kabel.

“Benda yang digigit-gigit itu secara tidak langsung bisa menggerinda gigi,” tambah dr William.

Lalu adakah dampak lain dari gigi yang terkikis akibat kebiasaan menggigiti benda itu?  Dikatakan dr William,  jika saraf gigi sudah kena maka yang bersangkutan akan merasa sakit.

“Karena di tengah gigi itu kan ada sarafnya. Kalau sudah kena maka nggak bakal bisa tidur karena sakit sekali,” ucap drg William.

Jika gigi sudah telanjur tergerinda akibat kebiasaan buruk itu, sebenarnya masih bisa diatasi. Dokter akan mengevaluasi dan menentukan langkah apakah perlu menggunakan crownINDIRECT RESTORATIONS ... baca selengkapnya... atau ‘jaket’ gigi untuk mengatasinya.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close