Beranda » Artikel » Ini 5 Penyebab Gigi Sakit yang Harus Kita Tahu

Ini 5 Penyebab Gigi Sakit yang Harus Kita Tahu

Desember 22, 2021
Ditulis oleh Joy Dental

5 Penyebab Gigi Sakit
Sakit gigi merupakan rasa nyeri, linu, dan nyut-nyutan pada area gigi atau gusi yang muncul secara tiba-tiba atau hilang dengan sendirinya tergantung dari tingkat keparahan penyebab sakitnya. Mengalami sakit gigi akan membuat aktivitas Sobat Joy Dental terganggu, karena dalam beberapa kasus dapat membuat tidak enak badan yang berlangsung lama. Tetapi, apakah sobat Joy tau kenapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa penyebab gigi sakit.

Berikut 5 Penyebab Gigi Sakit :

  1. Gigi berlubang
    Ketika makan atau minum yang manis, bakteri alami di dalam mulut akan mengubah sisa makanan/minuman tersebut menjadi asam. Lama kelamaan, asam tersebut akan menyebabkan lapisan gigi menjadi lunak dan berlubang. Semakin dalam lubang gigi, semakin mendekati saraf gigi, dan dapat menyebabkan sakit gigi.
  2. Gigi patah
    Gigi retak ataupun patah sering dijumpai pada orang yang mempunyai kebiasaan menggigit makanan atau benda keras. Selain itu, bisa diakibatkan dari kecelakaan saat berkendara ataupun berolahraga. Pada banyak kasus, gigi patah akan menyebabkan sakit jika patahannya mencapai saraf gigi, atau melukai jaringan di sekitar gigi. Kasus gigi patah sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi supaya bisa ditangani sebelum kondisinya semakin parah.
  3. Gigi sensitif
    Gigi sensitif merupakan timbulnya rasa nyeri atau ngilu pada gigi karena adanya rangsangan tertentu, misalnya makanan panas, dingin atau hembusan udara. Hal ini terjadi karena menipisnya lapisan email gigi sehingga lapisan dentin terbuka dan menjadikan lebih peka terhadap rangsangan suhu dari luar. (https://www.tanyapepsodent.com/)
    Beberapa faktor yang menyebabkan gigi sensitif antara lain karena cara menyikat gigi yang terlalu keras, penggunaan bulu sikat yang kasar dan kebiasaan menggertakan gigi.
  4. Gigi bungsu tumbuh
    Gigi bungsu merupakan gigi geraham permanen yang tumbuh paling akhir. Tumbuhnya gigi bungsu ini biasanya akan menyebabkan rasa sakit pada area gigi ataupun sendi rahang. Pada kasus ini, biasanya gigi bungsu akan tumbuh miring atau impaksi dikarenakan tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh sehingga hal ini dapat mengganggu gigi lain. Oleh karena itu, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk dilakukan pencabutan gigi bungsu.
  5. Peradangan gusi
    Peradangan gusi disebabkan karena adanya penumpukan plak yang mengiritasi gusi. Radang gusi biasanya ditandai dengan gusi yang kemerahan, mengempuk, berdarah, menyusut dan nafas tidak sedap. (https://www.tanyapepsodent.com/)
    Jika tidak segera ditangani, bisa menyebabkan infeksi gusi yang merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang rahang.

Jika Sobat Joy mempunyai keluhan gigi seperti yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya segera diperiksakan kondisinya ke dokter gigi terdekat supaya segera ditangani ya. Kami tunggu kedatangannya di Klinik Gigi Joy Dental

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & saran menjaga kesehatan gigi

Ditinjau oleh drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram