Beranda » Artikel » Ingin Merapikan Gigi Dengan Behel ?

Ingin Merapikan Gigi Dengan Behel ?

Juli 11, 2012
Ditulis oleh Joy Dental

TRIBUNNEWS.COM - Memakai kawat gigi atau behel untuk merapikan gigi tidak hanya sekadar gaya hidup. Jika ingin memakai behel, perlu diketahui syarat-syaratnya.

Drg. Eka Erwansyah, MKes, SpOrt dari Makassar mengatakan pada dasarnya semua orang dapat merawat gigi dengan memakai behel asalkan memenuhi syarat perawatan. Apa saja syaratnya?

"Syaratnya, tidak ada penyakit umum/sistemik yang dapat mengganggu perawatan, pasien sudah dapat menjaga kebersihan mulut, dan gigi yang dipasangi behel, ujung akarnya harus sudah mengecil," tandas Eka.

Anda juga perlu mengetahui perbaikan gigi itu melalui 3 fase. Umur sangat menentukan cara perawatan. Ada tiga fase umur yg menentukan pilihan perawatan yaitu fase anak-anak , remaja dan dewasa.

Seringkali di usia anak-anak (sebelum puber, wanita 12 tahun, pria 14 tahun) harus menjalani perawatan 2 tahap yaitu tahap satu perawatan rahang dan tahap dua perawatan posisi gigi.

Pada fase remaja hanya dilakukan perawatan kompromi, artinya hanya gigi-gigi yang di koreksi sedang rahang tidak dikoreksi.

Pada saat fase dewasa (diatas 18 th), perawatan bisa secara kompromi dan bisa juga dikombinasi dengan bedah rahang, tergantung kasusnya. (http://www.tribunnews.com/2011/08/03/ingin-merapikan-gigi-dengan-behel-eits-patuhi-syaratnya)

Kawat Ortodontic atau kawat gigi adalah: alat yang digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang berjejal ataupun yang jarang-jarang agar gigi menjadi teratur dan rapih.

Gigi yang berjejal, jika tidak dirapikan susunannya dapat menyebabkan lubang. Gigi yang jarang-jarang dapat menyebabkan penumpukan karang gigi di sela sela gigi tersebut.

Gigi maju, dapat disebabkan karena keturunan, kebiasaan buruk antara lain: mendorong gigi kedepan dengan lidah atau menghisap jempol.

Selain untuk memperbaiki susunan gigi, perawatan ortodontic juga meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Kawat gigi terdiri dari beberapa jenis: ada yang metal, ceramic, sapphire crystal dan lain-lain. Sebelum diputuskan untuk dipasang kawat gigi , biasanya dokter gigi akan memeriksa secara detail kondisi gigi dan rencana perawatan.

Retainer adalah suatu alat yang dipakai setelah pemakaian kawat gigi cekatan dilepas, tujuannya adalah untuk mempertahankan posisi gigi dalam kondisi yang teratur. Ketika kawat gigi dilepas tanpa dipasang retainer (penahan), gigi cenderung akan kembali ke posisi awal sebelum di pasang kawat. Retainer dipakai terus setiap hari, mulai pagi , siang, malam selama 3 bulan pertama. Kemudian dipakai pada malam hari saja setelah tiga bulan berikutnya. Setelah pemakaian 6 bulan, retainer akan dilepas dan kondisi gigi akan tetap bertahan dalam kondisi rapih. (http://seputargigi.com/our-services/orthodontic--kawat-gigi-)

Prosedur Pemasangan Kawat Gigi :

1. Konsultasi dengan Spesialis Kawat Gigi (Orthodontist)
2. Pembersihan Karang Gigi (Scalling).
3. Cetak Gigi
4. Rontgen OPG dan Cefalometri
5. Analisis Rencana Perawatan oleh Orthodontist
6. Pemasangan Kawat Gigi oleh Orthodontist

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram