Ingin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup

Bagikan artikel ini

Menyikat gigi secara rutin merupakan kebiasaan baik yang sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun ternyata, menyikat gigi dengan teratur saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut.
Sayangnya, banyak orang Indonesia beranggapan sebaliknya. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 947 responden menunjukkan bahwa hampir 94% orang Indonesia hanya bergantung pada sikat gigi untuk merawat kebersihan gigi dan mulutnya. Ditambah lagi, kesadaran untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin masih tergolong rendah.
Padahal, setiap harinya, kita dikelilingi oleh makanan-makanan yang banyak mengandung gula, kafein, asam dan karbohidrat. Sebut saja, kopi, teh, es campur, kerupuk, dan berbagai makanan lain yang sedap untuk disantap. Tanpa disadari, makanan-makanan tersebut berpotensi menimbulkan plak, mengubah warna gigi, mengundang bakteri penyebab gigi berlubang, infeksi gusi, hingga bau mulut.

“Kita orang Indonesia dikelilingi dengan makanan-makanan yang banyak mengandung gula, kafein dan karbohidrat yang beresiko terhadap kesehatan gigi dan rongga mulut. Terlebih jika dikonsumsi secara berlebih,” ujar Dr. Sri Angky Soekanto, PhD, seorang pakar Biologi Oral.

Ia memaparkan bahwa secara normal mulut kita memang punya bakteri yang akan berubah kondisinya jika terkena karbohidrat atau gula. Kemudian, di dalam mulut akan terjadi fermentasi sehingga rongga mulut mengeluarkan asam. Asam dapat melarutkan email sehingga gigi mudah berlubang atau karies.

Jika didiamkan, masalah-masalah pada gigi akan memicu gangguan kesehatan lain. Bakteri dari gigi dapat masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berbahaya seperti gangguan paru-paru, gangguan janin dan penyumbatan pembuluh darah.

Seiring perubahan usia kondisi rongga mulut dan saliva yang berfungsi menetralkan kondisi mulut akan berubah. Untuk itu, agar kebersihan dan kesehatan gigi terjaga dengan baik, kita perlu melakukan perawatan yang lebih dari sekedar menyikat gigi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *