Infeksi Gigi Sebabkan Gangguan Saraf

Beberapa ahli sering mengaitkan kesehatan gigiMenjaga Kesehatan Gigi Anak Itu Penting Loh... baca selengkapnya... dan mulut dengan risiko infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... pada organ vital termasuk otak dan jantung. Risiko ini perlu diwaspadai dalam arti kesehatan gigi dan mulutIngin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup... baca selengkapnya... wajib dijaga. Tapi tenang, risiko terburuk tidak terjadi pada semua orang.

Sakit gigiTrik Agar Anak Tak Gampang Sakit Gigi Meski Doyan Makanan Manis... baca selengkapnya..., utamanya yang dipicu oleh infeksi kuman memang berbahaya. Kuman-kuman di gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... dan mulut bisa saja terbawa aliran darah lalu sampai ke organ lain seperti otak dan jantung. Dalam kondisi tertentu, risiko ini bisa memicu infeksi berbahaya pada organ-organ penting sehingga harus diwaspadai.

“(Perlu waspada) jika kondisi badan kita lemah, sakit-sakitan dan imunitasnya lemah. Atau ada faktor risiko tertentu, misalnya diabetes4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya...,” kata drg Hari Sunarto, SpPerio(K), Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, dalam media gathering Pepsodent di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, Jawa Barat.

Dalam kondisi badan lemah, infeksi kuman mudah terjadi karena tubuh tidak memberikan perlawanan yang cukup kuat. Misalnya ada kuman dari gigi dan mulut yang terbawa oleh aliran darah, maka kuman tersebut bisa memicu infeksi di tempat lain. Di jantung, bisa menyerang otot jantung dan memicu radang otot jantung.

Risikonya bisa meningkat lagi pada orang yang memiliki kelainan katub jantung. Sirkulasi darah di jantung pada kondisi ini mengalami turbulensi alias berputar-putar saja di satu tempat. Jika darah yang berputar-putar di tempat itu mengandung bakteri, maka selaku waktu bisa menginfeksi otot jantung.

Sama halnya dengan jantung, otak juga bisa mengalami infeksi gara-gara kuman di gigi dan mulut menyebar lewat sistem pembukuh darah. Dampaknya bisa memicu kerusakan, termasuk di antaranta bisa menyebabkan stroke dan gangguan saraf.

Untuk menghindari risiko tersebut, maka kebersihan gigi dan mulut penting untuk dijaga. Caranya dengan rajin menggosok gigiTak Perlu Menyikat Gigi Setiap Habis Makan... baca selengkapnya... sebelum tidur dan setiap habis makan, serta memeriksakan diri ke dokter gigiInilah Cara Merawat Gigi Palsu... baca selengkapnya... minimal 6 bulan sekali meski tidak terasa sakit.