Ibu Hamil dengan Infeksi Mulut Berisiko Lahirkan Bayi Prematur

91c9ac8b-e3a1-4052-ae85-e9f141bd6460_169Jakarta, Menjaga kesehatan gigiPENTING: 3 Alasan Check-Up Gigi Rutin... baca selengkapnya... dan mulut sangat penting, terutama pada saat sedang hamil. Karena jika ibu hamil4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... mengalami infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... mulut, maka berisiko melahirkan bayi prematur ataupun bayi dengan berat badan rendah. Peluangnya sampai 2,8 kali.

Risiko itu mengintai lantaran mulut merupakan gerbang awal masuknya sejumlah penyakit. Jika tidak dirawat dengan baik, dapat berakibat pada terganggunya proses asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

“Salah satu yang harus dipastikan oleh ibu hamil adalah kondisi kesehatan rongga mulutBau Mulut? Simak Cara Pencegahannya... baca selengkapnya... terutama gusi,”” ujar drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, pada konferensi pers yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Kamis (3/9/2015).

Bagi sebagian ibu hamil, kadang proses kehamilannya mampu membuat tubuh mereka menjadi rentan terhadap infeksi. Kondisi tubuh saat hamil juga cenderung memicu infeksi yang diderita menjadi lebih serius jika tidak ditangani segera.

drg Mirah mencontohkan gangguan gigi dan gusi pada ibu hamil dapat menjadi sumber infeksi dalam kehamilan. Resiko gingivitisPembersihan Plak dan Karang Gigi... baca selengkapnya... pada ibu hamil biasanya meningkat di bulan kedua masa kehamilan dan semakin parah menjelang bulan kedelapan.

drg Mirah mengungkapkan dengan meningkatnya hormon progesterone pada ibu hamil, maka dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah berdarah, bengkak, dan menjadi merah. Ini merupakan respons dari penumpukan plakMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya... dari kebersihan mulut yang kurang baik.

“Ibu hamil sebaiknya selalu memastikan kondisinya bebas dari infeksi gigiHati-Hati Bila Infeksi Gigi Pindah ke Pipi... baca selengkapnya... dan gusi,” kata drg Mirah mengingatkan.