Hah! Ada Kandungan Plastik di Pasta Gigi

Bagikan artikel ini

Bintik biru yang terlihat di pasta gigi4 Manfaat Lain Pasta Gigi | Unik Menarik... baca selengkapnya... membuat Trish Walraven, seorang ahli kesehatan gigiKetika Gigi Ngilu Bikin Mood Nadia Mulya Terganggu... baca selengkapnya..., bergidik. Sebab bintik biru itu merupakan kandungan plastik yang dicampur ke dalam pasta gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya.... Yang membuat Trish bergidik, dia menemukan serpihan plastik itu di gusi pasien-pasiennya.
Mulanya Trish bingung sebenarnya bintik biru di gusi pasiennya itu apa. Dia pikir itu adalah produk pembersih gigi atau sesuatu yang dikunyah oleh pasiennya. Trish lantas mendiskusikan temuannya itu dengan ahli kesehatan gigi lainnya. Ternyata rekan satu profesinya itu juga menemukan hal yang sama di gigi maupun gusi pasiennya.

Selama berminggu-minggu Trish mencari tahu apa sebenarnya bintik-bintik biru di mulut pasiennya itu. Hingga akhirnya Trish menemukan jawaban. Bintik biru itu adalah polyethylene. Polyethylene merupakan plastik yang digunakan di beberapa produk seperti botol, plastik belanjaan, serta plastik kemasan. Dan kini, dia menemukan kandungan itu di pasta gigi. Trish menyampaikan hal tersebut di blognya dan dipublikasikan via dentalbuzz.com, seperti dikutip pada Selasa (23/9/2014).

Trish menuturkan polyethylene menjadi perhatian dalam isu lingkungan karena memiliki sifat yang sulit didegradasi oleh alam. Alam membutuhkan waktu ratusan tahun untuk mendegradasinya secara efisien.

Walraven mengatakan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan partikel-partikel kecil dari plastik alias microbeads dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti penyakit periodontal. Menurutnya, mulut manusia memiliki saku gusi, semacam kutikula di kuku. Nah, saku gusi yang sehat kedalamannya tidak lebih dari 3 mm. Jika ada ratusan partikel kecil plastik yang digosok ke gusi setiap hari, bisa jadi ada serpihan yang terjebak di saku gigi.

Pasta gigi apa yang dikeluhkan oleh Walraven memiliki kandungan plastik? Dalam blognya, Walraven menyebut pasta gigi Crest yang diproduksi oleh P&G di Cincinnati. Menurutnya pasta gigi itu memiliki kandungan plastik lebih banyak ketimbang pasta gigi lainnya yang beredar di pasaran.

Tulisan Walraven tentunya menjadi perhatian besar publik di Amerika Serikat (AS), tak terkecuali produsen Crest. Pihak P&G pun memberikan penjelasan. Mereka sangat memahami kekhawatiran yang dirasakan Walvaren dan orang-orang lainnya. Namun mereka memastikan kandungan dalam produknya aman dan telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA).

“Kandungan yang dipertanyakan benar-benar aman, telah disetujui penggunaannya dalam makanan oleh FDA. Jutaan orang telah menggunakan pasta gigi itu tanpa masalah. Namun kami memahami pendapat yang berkembang agar kami menghilangkan kandungan ini. Kami akan melakukannya.” Demikian penjelasan P&G seperti dikutip dari ABC15.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close