Beranda » Artikel » Gigi Terasa Nyeri Setelah Ditambal, Inilah Penyebab

Gigi Terasa Nyeri Setelah Ditambal, Inilah Penyebab

Maret 12, 2022

Penulis : drg. Bagus Darmawan

Ciri-ciri gigi bermasalah dan gigi terasa nyeri

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – Sobat Joy Dental apakah ada yang punya keluhan gigi berlubang dan gigi terasa nyeri? Beberapa Sobat Joy Dental pasti pernah mengalaminya, ya. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan cara ditambal. Namun ternyata pada beberapa kasus masih ada gigi yang terasa nyeri meskipun sudah ditambal, kira-kira apa penyebabnya, ya? Lalu, gimana cara mengatasinya?

Beberapa Penyebab Rasa Nyeri Pada Gigi Yang Baru Saja Ditambal

1. Reaksi Alergi
    Bahan tambal dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa pasien. Gejala yang ditimbulkan selain nyeri biasanya juga muncul ruam dan terasa gatal di area sekitar tambalan.
  1. Lubang Gigi Sudah Terlalu Dalam
    Lubang gigi yang sudah terlalu dalam dan mendekati saraf gigi biasanya ditandai dengan adanya gejala rasa nyeri yang amat sangat dan biasanya menetap meskipun tidak ada rangasangan pada gigi tersebut. Pada kasus ini biasanya gigi akan tetap merasa nyeri meskipun sudah ditambal karena bakteri sudah menginfeksi sampai ke saraf gigi.

1. Menggunakan Bahan Tambal Komposit
    Bahan tambal komposit merupakan bahan tambal yang paling sering digunakan oleh dokter gigi karena bahan tambal ini memiliki kelebihan pada warna yang dapat disesuaikan dengan gigi sehingga tambalan tidak terlihat mencolok. Namun, bahan komposit ini memerlukan pengaplikasian etsa yang bersifat asam pada proses penambalannya. Etsa inilah yang nantinya dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi.

Cara Mengatasi Gigi Terasa Nyeri Setelah Tambal Gigi

1. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas ataupun yang terlalu dingin
  2. Hindari makanan dan minuman yang terlalu asam
  3. Tidak menggunakan gigi yang baru saja ditambal untuk makan untuk sementara
  4. Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif
  5. Konsumsi obat anti nyeri apabila perlu

Sebenarnya, rasa nyeri pada gigi setelah ditambal itu masih wajar apabila nyeri hanya dirasakan selama sehari dua hari saja. Namun, apabila nyeri masih bertahan selama 1 minggu setelah ditambal, ada baiknya segera periksakan gigi ke dokter gigi yang menambal gigi tersebut. Dokter gigi nantinya akan melakukan evaluasi dan memperbaiki tambalan tersebut.

Sobat Joy punya keluhan serupa? Yuk, konsultasikan keluhan Sobat Joy dengan dokter gigi Klinik Gigi Joy Dental.

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

Referensi :

Survashe, M., Parekh, M., 2016, Immediate Post-Operative Sensitivity After Composite Resin Restoration – A Review of Treatment Protocol, International Journalof Dentitry and Oral Health, Vol. 2 : 2