Beranda » Artikel » Gigi Renggang, Perlukah Dirapatkan?

Gigi Renggang, Perlukah Dirapatkan?

Juni 12, 2015
Ditulis oleh Joy Dental

Gigi renggangSenyum manis bisa kehilangan pesonanya jika saat giginya kelihatan, ada banyak celah yang membuatnya tampak tidak rapi. Ada banyak cara untuk merapatkan gigi renggang dan bercelah, namun tidak semua pakar menganggapnya perlu.

Gigi renggang atau disebut diastema merupakan akibat dari perbedaan antara bentuk rahang dengan ukuran gigi. Biasanya didapat oleh seseorang dari ayahnya yang memiliki rahang besar dan ibunya memiliki gigi kecil-kecil.

Bisa juga, gigi renggang disebabkan oleh jaringan labial frenum yang terlalu dekat dengan gigi depan. Jaringan tersebut menghubungkan bibir atas dengan gusi. Dalam kasus seperti ini, operasi minor bisa mengatasi gigi renggang.

Meski bisa diatasi, tidak semua keluhan gigi renggang membutuhkan penanganan khusus. Dr Annabella C Oquendo, pakar kesehatan gigi dari New York University mengatakan pada umumnya kondisi seperti ini tidak terlalu mengganggu kesehatan.

"Alasan utama untuk merapatkan gigi renggang adalah untuk keperluan estetis, sebab kebanyakan diastema tidak menandakan kondisi patologis," kata Dr Oquendo seperti dikutip dari NY Times, Jumat (13/9/2013).

Cara paling sederhana menurut Dr Oquendo adalah dengan perlekatan langsung menggunakan komposit resin. Perlekatan tidak membutuhkan retainer seperti halnya behel, namun Dr Oquendo mengatakan bahwa kelemahan cara ini adalah harus diulang secara periodik.

Behel atau kawat gigi juga bisa dipakai, namun lebih mahal dan butuh waktu lama untuk menampakkan hasilnya. Veneer porselen, semacam lapisan tipis, juga sering digunakan, namun seberapa bagus hasilnya sangat dipengaruhi oleh keterampilan para teknisi di laboratorium.

Apapun cara yang digunakan, Dr Aquendo mengatakan bahwa penyebab gigi renggang yang sesungguhnya harus diatasi terlebih dahulu. Merapatkannya dengan behel misalnya, tidak akan berguna bila pasien tetap memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur (tooth grinding).

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Seberang Samsung Service Center)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti cara merapatkan gigi, cara merapatkan gigi yang renggang, cara merapatkan gigi renggang, cara mengatasi gigi renggang, behel untuk gigi bercelah, merapatkan gigi, cara rapatkan gigi yang jarang, gigi bercelah dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram