Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Konsultasi » Dentin Gigi Terbuka Karena Patah? Segera Lakukan Ini!

Dentin Gigi Terbuka Karena Patah? Segera Lakukan Ini!

Maret 7, 2024

Klinik Gigi Joy Dental - Hallo Sobat Joy, pernahkah Anda mengalami kondisi dentin gigi terbuka karena patah? Untuk mengantisipasinya, Sobat Joy perlu tahu nih apa saja langkah yang perlu dilakukan ketika hal tersebut terjadi. Untuk informasinya, mari simak artikel kali ini ya.

Apa Itu Dentin Gigi Terbuka?

Sobat Joy, pernahkah mengalami gigi patah? Gigi patah dapat disebabkan karena adanya trauma pada gigi atau karena rapuhnya struktur gigi. Struktur gigi terdiri dari enamel, dentin, dan pulpa. Enamel merupakan struktur terluar gigi yang melapisi dentin. Ketika gigi patah maka struktur enamel akan rusak dan menyebabkan terbukanya dentin.

Informasi terkait dentin gigi terbuka, Sumber: listerine.co.id

Dentin sendiri memiliki struktur yang terdiri dari tabung-tabung mikroskopis yang disebut tubulus dentin. Tubulus dentin ini  penuh dengan cairan. Dentin gigi terbuka merupakan kondisi di mana lapisan dentin yang seharusnya terlindungi oleh enamel menjadi terpapar, hal ini dapat menyebabkan sensitivitas gigi dan meningkatkan risiko infeksi.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan dentin terbuka antara lain karies gigi, abrasi gigi, abfraksi, atrisi, erosi, serta adanya trauma yang menyebabkan gigi patah.

Gejala dan Dampak Kesehatan Gigi Terbuka

Terdapat berbagai gejala dan dampak yang dialami akibat kesehatan gigi terbuka, diantaranya meliputi berikut ini.

1. Sensitivitas Gigi Meningkat

Salah satu gejala paling umum dari dentin gigi terbuka adalah sensitivitas gigi yang meningkat. Gigi yang terbuka akan menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan eksternal seperti makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam.

Sensitivitas yang berlebihan dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang tajam atau berdenyut pada gigi yang terkena. Rasa sakit ini dapat terjadi secara spontan atau saat makan, minum, atau menyikat gigi.

2. Dentin Gigi Terbuka Meningkatkan Risiko Masuknya Bakteri

Dentin gigi terbuka meningkatkan risiko masuknya bakteri ke dalam pulpa gigi yang dapat menyebabkan infeksi gigi. Infeksi gigi dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat, pembengkakan, abses, atau bahkan masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak diobati.

Dentin terbuka memungkinkan bakteri dan zat-zat asam dari makanan atau minuman untuk dengan mudah mencapai jaringan dalam gigi.

Hal ini meningkatkan risiko pembentukan plak bakteri di sekitar area yang terbuka, dan dapat mempercepat perkembangan karies. Karena struktur dentin lebih lunak daripada enamel, karies dapat berkembang lebih cepat di dalam dentin yang terbuka

3. Rasa Sakit atau Nyeri pada Gigi

Sobat Joy, dentin tersusun atas tubulus-tubulus yang penuh dengan cairan. Pergerakan cairan di dalam tubulus dentin dapat menyebabkan rasa sakit.

Pergerakan tersebut dapat terjadi melalui perbedaan tekanan osmotik ketika dentin terpapar secara patologis atau pada prosedur kedokteran gigi, adanya perubahan suhu yang besar, atau selama dan setelah pemotongan dan pengeringan gigi dalam prosedur restorasi.

Ilustrasi gigi yang patah, Sumber: honestdocs.id

Kondisi Gigi Ketika Mengalami Dentin Terbuka

Kondisi dentin gigi terbuka dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius apabila tidak segera ditangani dengan baik. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah :

• Nyeri dan rasa tidak nyaman
  • Kerusakan gigi yang lebih lanjut
  • Infeksi Gigi dan Jaringan sekitar
  • Gangguan Fungsional Gigi
  • Gangguan Psikologis dan Sosial

Penanganan dan Perawatan pada Dentin Gigi Terbuka

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah penanganan dan perawatan pada dentin gigi terbuka:

1. Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Sobat Joy, langkah pertama yang harus dilakukan apabila Sobat Joy mengalami dentin gigi terbuka tentunya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi keadaan gigi Sobat Joy, sehingga dapat menentukan perawatan yang diperlukan.

2. Perawatan pada Dentin Terbuka

Biasanya apabila dentin gigi terbuka, dokter gigi akan melakukan beberapa perawatan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Penambalan

Apabila dentin gigi terbuka namun tidak ada gejala lain seperti bengkak atau rasa sakit yang spontan, biasanya dokter gigi akan langsung melakukan penambalan pada dentin gigi yang terbuka.

Pembuatan Mahkota Gigi

Jika kerusakan gigi lebih parah atau terdapat risiko kerusakan yang lebih lanjut, dokter gigi mungkin merekomendasikan pemasangan mahkota gigi. Mahkota gigi adalah penutup permanen yang ditempatkan di atas gigi yang terbuka untuk melindungi dan memperkuat gigi yang rusak.

Perawatan Saluran Akar

Jika infeksi telah mencapai pulpa gigi, dokter gigi mungkin merekomendasikan perawatan endodontik atau perawatan saluran akar. Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan yang terinfeksi atau terluka dari dalam gigi dan membersihkan saluran akar sebelum mengisi dan menutup kembali gigi.

Dentin yang terbuka dapat meningkatkan sensitivitas gigi, Sumber: halodoc.com

Tindakan yang Bisa Dilakukan di Rumah Ketika Mengalami Dentin Gigi Terbuka

Sobat Joy apabila mengalami dentin gigi terbuka, Sobat Joy dapat mengambil beberapa langkah dan tindakan di rumah untuk mengurangi ketidaknyamanan yang ada. Berikut adalah beberapa tips dan tindakan yang dapat dilakukan:

• Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
  • Menghindari makanan dan minuman yang berisiko menyebabkan sensitivitas, seperti makanan dengan suhu terlalu panas, terlalu dingin, dan makanan-makanan manis ataupun lengket.
  • Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.
  • Menghindari makan atau menggigit benda-benda keras seperti tutup botol.
  • Menggunakan obat kumur.
  • Menggunakan alat pelindung ketika berolahraga.

Nah Sobat Joy, sangat penting untuk mengetahui tentang dentin terbuka serta pengaruhnya terhadap kesehatan gigi. Apabila Sobat Joy mengalami dentin terbuka, alangkah baiknya jika segera diperiksakan ke dokter gigi ya, agar bisa segera dilakukan perawatan yang tepat dan tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Penulis : Drg. Dahin Muanjatun

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram