Beranda » Artikel » Gigi Palsu Lama Longgar, Apakah Harus Buat Baru?

Gigi Palsu Lama Longgar, Apakah Harus Buat Baru?

Februari 25, 2022

Penulis : drg. Fauzia Jauhara

Before after pemasangan gigi palsu atau gigi tiruan

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – Gigi palsu mungkin sudah tidak terdengar asing lagi bagi Sobat Joy Dental. Gigi palsu atau Gigi Tiruan merupakan salah satu perawatan yang dilakukan dokter gigi untuk mengembalikan fungsi pengunyahan, fungsi bicara, dan fungsi estetika, akibat hilangnya satu atau beberapa gigi dalam satu rahang. Namun terkadang, keluhan muncul setelah penggunaan gigi palsu lepasan selama bertahun-tahun, salah satunya gigi palsu terasa longgar.

Lalu, apa Sobat Joy harus membuat gigi palsu yang baru?
Jawabannya, belum tentu ya, Sobat Joy. Faktor penyebab gigi palsu terasa longgar dan tidak pas seperti saat pertama kali dibuat adalah resorbsi atau penyusutan tulang penyangga gigi akibat tekanan pengunyahan sehari-hari. Kondisi ini umumnya normal terjadi akibat penambahan usia lho, Sobat Joy. Namun, menunda penanganan gigi palsu yang longgar dapat membuat luka dan peradangan pada gusi. Wah, pasti sakit ya rasanya...

Solusi mengatasi gigi palsu longgar tanpa membuat gigi palsu yang baru

  1. Menggunakan perekat khusus gigi palsu
    Perekat khusus gigi palsu ini bukan sembarang lem gigi ya Sobat Joy. Perekat gigi palsu atau dental adhesive merupakan bahan sediaan pasta atau serbuk yang dipakai di bagian dalam gigi palsu untuk membantu gigi palsu menjadi lebih stabil. Penggunaannya harus sesuai petunjuk pemakaian, ya. Sobat Joy bisa menggunakan perekat khusus ini terlebih dahulu sambil membuat janji temu dengan dokter gigi di klinik gigi Jogja, Joy Dental.

  2. Reparasi gigi palsu lama
    Setelah berkonsultasi dengan dokter gigi, gigi palsu lepasan yang sudah longgar dapat dilakukan perbaikan atau reparasi sesuai indikasinya. Reparasi yang umum dilakukan pada gigi palsu yang longgar adalah relining dan rebasing. Relining gigi palsu adalah teknik menambah bahan lapisan bagian dalam basis gigi palsu yang longgar. Sementara rebasing gigi palsu adalah teknik mengganti seluruh basis gigi palsu tanpa mengganti maupun merubah posisi anasir gigi.

Namun, pembuatan gigi palsu baru mungkin bisa dilakukan lho, Sobat Joy. Apabila kondisi gigi palsu lepasan yang lama sudah tidak memungkinkan dilakukan reparasi maka sudah saatnya Sobat Joy mengganti gigi palsu dengan yang baru. Segera konsultasikan ke klinik gigi Joy Dental terdekat untuk penanganan yang paling sesuai dengan kondisi Sobat Joy.

Tahapan pembuatan atau pencetakan gigi palsu

Tahapan pembuatan atau pencetakan gigi palsu

Adakah Sobat Joy atau keluarga Sobat Joy yang memiliki keluhan seperti di atas? Ayo, jangan ragu untuk langsung datang ke Klinik Gigi Joy Dental atau menghubungi Hotline Joy Dental untuk konsultasi secara online. Dokter gigi Joy Dental siap memberikan perawatan yang menyeluruh demi kepuasan dan kesehatan Sobat Joy.

Baca juga: Mengapa Membuat Gigi Palsu pada Pasien Ompong Total Wajib Diukur?

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

Referensi :

Phoenix, R.D., Cagna, D.R., DeFreest, C.F., 2008, Stewart’s Clinical Removable Partial Prosthodontics, 4th ed., Quintessence Publishing, Canada.

FDA US Food & Drug Association, 2018, Denture Adhesives (https://www.fda.gov/medical-devices/dental-devices/denture-adhesives).

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram