Bracket Behel Sering Lepas, Apakah Wajar?

Bagikan artikel ini

Adakah diantara Sobat Joy yang saat ini sedang menggunakan behel gigi? Jika iya, Sobat Joy pasti pernah mengalami kondisi yang namanya bracket behel sering lepas. Biasanya bracket behel sering lepas ini sering terjadi ketika bracket behel tersebut menempel pada mahkota jaket gigi atau restorasi gigi. Penyebab paling umum yang sering terjadi adalah kebiasaan pasien yang buruk atau tidak merawat behel gigi dengan baik sesuai dengan instruksi dokter gigi.

Bracket behel gigi lepas bisa terjadi dalam beberapa hari setelah Sobat Joy melakukan pemasangan behel. Kadang-kadang bisa juga terjadi beberapa minggu atau beberapa bulan setelahnya. Lalu, apakah wajar jika bracket behel sering lepas? Bracket behel lepas dikatakan tidak wajar apabila Sobat Joy sudah mengikuti instruksi dokter gigi dengan baik dan benar serta tidak ada kesalahan dalam pemasangan bracket pada gigi.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi bracket behel sering lepas:

  1. Pasien kurang merawat behel giginya
    Setelah memasang behel gigi, biasanya dokter gigi akan memberikan instruksi khusus bagaimana merawat gigi selama perawatan menggunakan behel gigi. Mengapa dokter gigi memberikan instruksi tersebut? Salah satu nya adalah untuk menjaga agar behel gigi Sobat Joy tetap dalam kondisi yang baik hingga perawatan selesai nanti. Jika Sobat Joy tidak mengikuti instruksi dokter gigi dengan baik, maka bracket behel bisa sering lepas. Beberapa hal yang dianjurkan oleh dokter selama perawatan menggunakan behel gigi adalah:
    • Dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang keras dan lengket. Sobat Joy bisa makan makanan yang bertekstur lembut sehingga mudah untuk dikunyah. Meskipun pada awalnya sulit untuk mempertahankan kebiasaan makan makanan yang bertekstur lembut, Sobat Joy tetap harus mengikuti anjuran dari dokter untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.
    • Kebiasaan buruk menggigit kuku, pulpen, atau benda-benda keras lainnya harus dihindari. Kebiasaan ini bisa menyebabkan bracket behel lepas atau kerusakan pada bracket Sobat Joy.
    • Menyikat gigi dengan perlahan-lahan. Sobat Joy tidak boleh menyikat gigi dengan keras selama perawatan menggunakan behel gigi. Teknik meyikat gigi yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada bracket atau bracket behel terlepas. Selain itu kawat gigi juga bisa terlepas dari bracket atau putus menjadi dua. Nah, harus hati-hati ya Sobat Joy.
    • Mempelajari bagaimana teknik flossing yang baik dan benar dari dokter gigi Sobat Joy.
  1. Kondisi gigi pasien
    Gigi itu sendiri bisa menjadi salah satu penyebab bracket behel sering terlepas. Enamel gigi harus sehat agar kuat untuk mengikat bracket yang menempel pada permukaan gigi. Tetapi jika enamel rusak, maka kekuatan bracket menmpel pada permukaan gigi menjadi lemah. Hal ini dapat terjadi pada beberapa kondisi ketika Sobat Joy memiliki enamel berwarna coklat atau kuning (hipokalsifikasi) atau enamel berwarna putih kapur (hiperkalsifikasi). Kondisi lainnya adalah adanya retakan pada permukaan email sehingga harus diperbaiki sebelum memulai perawatan ortodonti.
  1. Cedera pada mulut

    Ketika Sobat Joy sedang menggunakan behel gigi, cobalah untuk menghindari terjadinya pukulan pada area sekitar mulut misalnya pada saat berolahraga. Hal ini dapat menyebabkan begitu banyak kerusakan, tidak hanya pada braket tetapi juga gigi dan jaringan lunak mulut Sobat Joy.

  1. Human Error atau adanya kesalahan pada saat pemasangan bracket
    Semua orang bisa saja melakukan kesalahan atau human error meskipun sudah mencoba melakukan yang terbaik, begitu juga dengan dokter gigi. Bahan yang digunakan sebagai perekat unruk menempelkan bracket pada gigi berupa semen gigi atau komposit. Permukaan email gigi harus dibersihkan dan dikeringkan dengan baik agar bracket menempel dengan kuat. Namun, jika masih terdapat kotoran setelah dibersihkan, bahan perekat tidak dapat menempel pada permukaan email dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan bracket lebih mudah terlepas. Selain itu, dokter gigi harus mengetahui rasio bahan yang tepat selama pencampuran. Apabila rasio bahan tidak tepat dapat menyebabkan semen kehilangan kekuatannya untuk menempelkan bracket pada gigi.

Nah, maka dari itu, Sobat Joy harus selalu mematuhi instruksi dan saran yang sudah diberikan oleh dokter gigi yaa.. Instruksi dan saran dari dokter gigi itu sangat penting agar selama Sobat Joy perawatan menggunakan behel gigi, kondisi gigi dan mulut Sobat Joy tetap sehat dan bersih serta behel gigi Sobat Joy juga dalam kondisi yang baik.

Apabila Sobat Joy mengalami bracket lepas, Yuk jangan ragu, segera periksakan ke dokter gigi terdekat ya agar bisa segera diperbaiki..

Ditinjau oleh: drg. Raymund

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *