Beranda » Artikel » Bisakah Memakai Gigi Palsu Meski Usia Masih Muda?

Bisakah Memakai Gigi Palsu Meski Usia Masih Muda?

Maret 11, 2022

Penulis : drg. Fauzia Jauhara

Memakai Gigi Palsu Meski Usia Masih Muda

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – Ketika mendengar istilah “gigi palsu”, kira-kira apa yang terlintas di pikiran Sobat Joy Dental? Apakah langsung teringat kakek dan nenek di rumah? Dan rasanya ingin berkomentar, “aku nggak mau ah pakai gigi palsu di usia 20an ini, nanti seperti orang tua dong?”. Padahal memakai gigi palsu sedini mungkin itu penting lho, Sobat Joy Dental.

Gigi palsu atau gigi tiruan adalah alat pengganti gigi geligi yang sudah hilang. Oleh karena itu, penggunaan gigi palsu bukan berdasarkan usia pengguna melainkan berdasarkan kondisi hilangnya gigi asli permanen di rongga mulut. Apakah di usia muda bisa kehilangan gigi asli permanen alias ompong? Tentu saja bisa, Sobat Joy Dental.

Faktor penyebab gigi ompong di usia muda antara lain :

  • Gigi berlubang besar yang tidak bisa dipertahankan dan harus dicabut
  • Peradangan gusi dan jaringan tulang penyangga gigi yang menyebabkan gigi goyang dan akhirnya lepas
  • Kondisi akibat kecelakaan atau gigi terbentur benda keras
  • Kondisi sistemik atau kelainan genetik yang mempengaruhi kondisi gigi

 

Alasan Pentingnya Memakai Gigi Palsu Meski di Usia Muda

  1. Mengembalikan Rasa Percaya Diri
    Gigi ompong terutama pada bagian depan pasti membuat Sobat Joy Dental tidak percaya diri untuk tersenyum. Dengan menggunakan gigi palsu, Sobat Joy Dental akan merasa lebih percaya diri dan fungsi bicara akan kembali normal.

  1. Meningkatkan Kualitas Pengunyahan
    Dengan kondisi gigi ompong Sobat Joy Dental sudah pasti kesulitan mengunyah makanan. Akibatnya Sobat Joy Dental akan memiliki kebiasaan mengunyah makanan ke sisi yang bergigi saja. Kebiasaan mengunyah satu sisi ini bisa merusak temporomandibular joint (TMJ) atau sendi rahang lho, Sobat Joy Dental. Dan proses pengunyahan yang tidak sempurna akan berdampak buruk pada organ pencernaan seperti lambung karena terlalu bekerja keras memproses makanan.
  1. Mencegah Pergeseran dan Rusaknya Gigi - Gigi di Sekitarnya
    Adanya area ompong akan membuat gigi di sekitarnya menerima tekanan yang berlebihan. Gigi di sekitarnya bisa bergeser miring dan erupsi berlebihan mengisi area ompong. Apabila dibiarkan terus-menerus, gigi di sekitar area ompong dapat goyang dan akhirnya lepas.

 Tapi, saya tetap takut ketahuan teman-teman saya kalau sudah pakai gigi palsu dok..

Sobat Joy Dental tidak perlu khawatir soal itu. Pembuatan gigi palsu di Klinik Gigi Jogja Joy Dental tidak akan terlihat “palsu” dan akan dibuat natural karena disesuaikan dengan gigi asli di sampingnya.

Jangan lupa baca juga artikel ini “Jenis Gigi Palsu atau Gigi Tiruan” agar Sobat Joy Dental memiliki gambaran jenis gigi palsu yang Sobat Joy Dental inginkan.

Meskipun teknologi terkini sudah menyajikan berbagai jenis pilihan gigi palsu, Sobat Joy Dental tetap harus melakukan pencegahan dan pemeriksaan rutin agar gigi asli Sobat Joy Dental tidak perlu dicabut, ya! Ayo, kami tunggu kedatangannya di Klinik Gigi Jogja Joy Dental. Dokter gigi Joy Dental siap memberikan perawatan yang menyeluruh demi kepuasan dan kesehatan Sobat Joy Dental.

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi

Campbell, S.D., et.al., 2017, Removable partial dentures: The clinical need for innovation, The Journal of Prosthetic Dentistry, Vol. 118 (3).

Carr, A.B., and Brown, D.T., 2016, McCracken’s Removable Partial Prosthodontics, 13th Edition, Elsevier, Missouri.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram