Beranda » Artikel » Berikut 7 Perbedaan Bleaching Gigi Sendiri di Rumah dengan Bleaching Gigi di Dokter Gigi

Berikut 7 Perbedaan Bleaching Gigi Sendiri di Rumah dengan Bleaching Gigi di Dokter Gigi

Februari 24, 2022

Penulis : drg. Rifda Nur Hanifa

Perbedaan Bleaching gigi sendiri dirumah dan oleh dokter gigi di Joy dental

Dokter gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Halo Sobat Joy Dental! Siapa nih yang pengen punya gigi putih bersih dan cemerlang? Memiliki gigi putih bersih dan cemerlang sudah menjadi impian banyak orang ya, beragam cara dapat dilakukan untuk memperolehnya, seperti memutihkan gigi (bleaching) maupun veener gigi. Bleaching gigi umumnya dilakukan oleh dokter gigi di klinik gigi. Namun, tahukah Sobat Joy Dental kalau bleaching gigi ini juga bisa dilakukan di rumah? Lalu, apa sih perbedaan bleaching gigi di dokter gigi dengan bleaching gigi di rumah?

Berikut 7 perbedaan Bleaching Gigi dirumah dengan di Dokter Gigi

  1. Bahan Bleaching Gigi
    Bahan yang digunakan untuk bleaching di dokter gigi adalah hidrogen peroksida 30 - 35%, sedangkan untuk bleaching gigi di rumah menggunakan karbamid peroksida 10 - 15% yang setara dengan hidrogen peroksida 3%, sesuai dengan ketentuan ADA (American Dental Association).
  2. Proses Bleaching Gigi
    Bleaching di klinik gigi dilakukan oleh dokter gigi sehingga pasien hanya duduk menerima perawatan, sedangkan bleaching di rumah pasien harus menyiapkan semua peralatan dan bahan bleaching secara mandiri. Ingat, bleaching gigi yang dilakukan di rumah tetap harus dalam pantauan dokter gigi. Nah, lebih enak dan nyaman bleaching dengan dokter gigi kan Sobat Joy?
  3. Lama Proses Bleaching Gigi
    Bleaching di dokter gigi biasanya memakan waktu 1 - 2 jam saja dan tanpa ada pengulangan di hari-hari berikutnya. Sedangkan bleaching gigi sendiri di rumah memerlukan waktu 4 - 8 jam perhari dan harus dilakukan rutin setiap hari untuk mencapai warna putih yang diinginkan. Hmm.. cukup lama juga ya, Sobat Joy.
  4. Perubahan warna
    Perubahan warna pada gigi ketika bleaching di dokter gigi bisa langsung terlihat jelas dalam 1 - 2 jam pelaksanaan nya. Berbeda dengan bleaching yang dilakukan di rumah, perubahan warna nya baru terlihat 2 - 3 minggu kemudian dan untuk hasil yang maksimal dapat dicapai setelah 5 - 6 minggu penggunaan.

Baca Juga: Apakah Bleaching Gigi Itu Aman?

  1. Ketahanan warna
    Ketahanan warna putih ketika perawatan bleaching di dokter gigi maupun di rumah adalah sama, yaitu sekitar 1 - 3 tahun. Tentunya dipengaruhi juga oleh konsistensi pasien untuk menghindari makanan dan minuman berwarna, mengurangi konsumsi kopi, teh, minuman bersoda serta juga tidak merokok.
  1. Rasa ngilu
    Rasa ngilu yang dihasilkan dari proses bleaching tergantung pada tingkat sensitivitas gigi dari masing - masing pasien. Jika melakukan bleaching di dokter gigi, Sobat Joy tidak perlu khawatir karena dokter gigi akan memberikan obat anti ngilu sehingga proses pemutihan gigi tetap terasa nyaman dan aman. Namun, bukan berarti bleaching di rumah bebas dari rasa ngilu ya, Sobat Joy.
  2. Kerusakan jaringan
    Bleaching gigi di rumah ternyata menghasilkan kekasaran pada lapisan gigi lebih tinggi dibandingkan bleaching di dokter gigi. Mengapa? karena gigi – gigi kita terpapar bahan asam yang terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, sering dijumpai kerusakan pada gusi, lidah dan pipi yang disebabkan oleh kebocoran bahan bleaching. Jadi, tetap lebih aman bleaching di dokter gigi ya, Sobat Joy Dental.

 

 

Inilah 7 perbedaan bleaching gigi sendiri di rumah dengan bleaching gigi di dokter gigi. Pasti Sobat Joy Dental sudah paham kan perbedaannya. Bleaching di dokter gigi memiliki hasil yang lebih cepat, lebih aman dan nyaman. Nah, Sobat Joy tertarik untuk memutihkan gigi di Klinik Gigi Joy Dental? Yuk, langsung datang ke Joy Dental.

Dokter gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Adang, RAF., Suprastiwi, E., Usman, M. 2006. Pemutihan Gigi Teknik Jome Bleaching dengan menggunakan Karbamid Peroksida. IJD Edisi Khusus KPPIKG XIV.

Al Yami, A A., Al Qahtani, S., Shikair, N., Al Ghamdi, M., Al Bouni, R., 2020. Effect of Home Bleaching and in Office Bleachinf Systems on the Nanomechanical Properties of Tooth Enamel. The Saudi Dental Journal. Vol. 32 (7):343-348.

Felincia, J., Djuanda, R., Evelyna, A. 2018, Perbedaan Efektivitas Home bleaching berbahan Carbamide Peroxide 10% dengan home Bleaching berbahan Non Peroxide terhadap Gigi Premolar Rahang Atas. Padjajaran J Dent Res Stundent: 2 (2):109-115.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram