Benarkah Sakit Gigi Bisa Menular ke Gigi Sebelahnya?

0c037364-233c-4553-b44f-2d8a3e28b5e1_43

Jakarta, Mungkin Anda pernah merasakan sakit gigiHubungan Sakit Gigi dan Diabetes... baca selengkapnya... terasa menjalar ke gigi-gigi lainnya. Bahkan ketika memeriksakan diri ke dokter gigiMengapa Gigi Impaksi atau Tertanam Harus Diambil... baca selengkapnya..., seolah Anda jadi kesulitan menunjuk gigi mana yang benar-benar sakit. Menurut dokter gigi, ini memang sering terjadi.

“Saat praktik saya sering tanya pasien yang sakit giginya yang mana. Terus dijawab ‘sebelah sini, Dok. Eh sebelahnya ding. Eh atasnya, bawahnya, semua kok sakit ya. Ini biasanya terjadi karena terlalu sakit,” jelas drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (15/9/2015).

Untuk mengatasinya, dokter gigi akan memeriksa baik-baik gigi pasien untuk melihat di mana sebenarnya sumber sakitnya. Jika penyebab sakit adalah satu gigi yang bolong, kemudian oleh dokter gigi tersebut ditambal, biasanya rasa sakit akan menghilang.

Terkadang nyeri yang berasal dari gigi dan rahang juga bisa meluas ke bagian wajah dan kepala. Kondisi-kondisi seacam itu dikenal sebagai nyeri alih atau referred pain.

Untuk meminimalkan terjadinya sakit gigi, dr Ira berpesan agar rajin menggosok gigiTak Perlu Menyikat Gigi Setiap Habis Makan... baca selengkapnya..., utamanya setelah makan dan sebelum tidur. Selain itu kurangi asupan yang manis dan asam. Terlalu banyak makan makanan yang asam juga bisa menyebabkan email gigi menipis, akibatnya gigi menjadi sensitif.(vit/up)