Begini Cara Kerja Fluoride Lindungi Gigi

Bagikan artikel ini

KOMPAS.com – Seringkali kita mendengar kandungan fluoride dalam segala produk perawatan gigi dan mulut, mulai dari pasta gigi hingga obat kumur. Namun sebenarnya bagaimana zat fluoride  ini bekerja dalam melindungi gigi?

Penelitian seputar fluoride sejak awal hingga akhir abad ke-20 menyatakan, fluoride berperan dalam proses re-mineralisasi lapisan enamel pada gigi. Hal tersebut membuat lapisan gigi menjadi lebih kuat dan tahan terhadap pembusukan yang diakibatkan oleh asam dari bakteri. Seperti yang sudah diketahui, bakteri akan mengeluarkan asam yang menyebabkan gigi keropos.

Sementara itu, sebuah studi baru mengindikasikan bahwa fluoride tidak masuk ke lapisan gigi sedalam yang selama puluhan tahun para peneliti ketahui. Hal itu kemudian menimbulkan pertanyaan bagi para peneliti, bagaimana sebenarnya fluoride bekerja untuk melindungi gigi dari risiko keropos.

Studi terbaru para ilmuwan universitas di Jerman bersama institut mikrobiologi dan departemen fisika eksperimental dari Saarland University menunjukkan, fluoride sebenarnya mencegah kemampuan bakteri untuk melekat pada gigi.

Selagi tidak menyikat gigi, terjadi pembentukan lapisan film di gigi. Lapisan ini menimbulkan plak yang terdiri dari jutaan bakteri. Bakteri-bakteri tersebut kemudian menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang.

Pada studi yang dimuat dalam jurnal Langmuir ini, para peneliti menggunakan gigi buatan agar lebih mudah disikat dan dibersihkan. Mereka ingin mengetahui bagaimana fluoride bekerja dalam menghambat kemampuan bakteri untuk melekat pada lapisan luar gigi.

Mereka melakukan uji coba terhadap teori ini menggunakan tiga jenis bakteri, antara lain  Streptococcus mutans, Streptococcus oralis, dan Staphylococcus carnosus. Ketiga bakteri ini dikenal sebagai bakteri yang menyebabkan gigi keropos.

“Yang menarik adalah fluoride ternyata dapat melemahkan kemampuan bakteri untuk melekat pada gigi secara umum,” jelas para peneliti.

Fluoride merupakan senyawa kimia yang disarankan untuk kesehatan gigi dan mulut dalam pertengahan abad terakhir. Fluoride membantu jutaan orang di dunia dalam mengurangi risiko gigi keropos sehingga bermanfaat bagi kesehatan.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close