Atlet Susah Sabet Emas? Jangan-jangan karena Giginya Kurang Kuat

Bagikan artikel ini

London , Sekelompok dokter gigiInfo Seputar Kesehatan Gigi... baca selengkapnya... dari London mengatakan atlet berpeluang lebih besar untuk memenangkan medali emas bila mereka rajin memperhatikan kesehatan giginya. Lantas apa hubungannya?

Memang selama ini tidak lazim disadari bahwa kesehatan oral (gigi dan mulutJauhi Kandungan Makanan Ini Agar Gigi dan Mulut Lebih Sehat... baca selengkapnya...) ternyata dapat memberikan efek yang lebih luas dari sekadar sakit gigiTrik Agar Anak Tak Gampang Sakit Gigi Meski Doyan Makanan Manis... baca selengkapnya... atau sariawan. Toh kebanyakan pakar mengatakan kesehatan oral yang buruk justru lebih sering mengkaitkannya dengan risiko diabetes tipe 2 dan gangguan jantung.

Namun ternyata Prof Ian Needleman, direktur International Centre for Evidence-Based Oral Health, University College London mengatakan pada atlit elit (atlit yang bertanding di kejuaraan dunia atau sekelas olimpiade), perbedaan kecil ini bisa mempengaruhi performanya.

“Dari riset yang kami lakukan pada Olimpiade London 2012, kami menemukan seperlima atlit muda yang fisiknya sangat prima justru kesehatan oralnya buruk sekali,” tegas Prof Ian seperti dikutip dari BBC, Rabu (9/4/2014).

Saking buruknya kesehatan gigiInfo Seputar Kesehatan Gigi... baca selengkapnya... dan mulut mereka, Prof Ian pun menemukan banyak atlit yang mengaku kondisi ini mempengaruhi pola latihan dan performa mereka dalam pertandingan. “Jadi ini jelas-jelas suatu masalah bagi mereka,” imbuhnya.

Temuan Prof Ian dan rekan-rekannya ini pun telah dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine. Mereka juga menemukan masalah pada kesehatan oral yang sering menyebabkan gangguan pada latihan performa atlit rata-rata tak jauh-jauh dari sakit gigi atau peradangan pada gusi.

Menyadari hal ini, tim dokter yang menangani salah satu sasana tinju di Inggris bernama GB Boxing pun mencoba meningkatkan kesehatan oral atletnya.

Dr Mike Loosemore yang telah bekerja dalam tim GB Boxing selama 17 tahun pun mengatakan, “Saya jadi makin aware bahwa gangguan pada gigi dapat mengganggu latihan si atlet. Ini membuat mereka jadi kurang bugar dan bisa saja menimbulkan konsekuensi tersendiri ketika mereka harus naik ke ring dan bertanding.”

Namun Dr Mike melihat sendiri ada perubahan yang signifikan ketika setiap atlet yang dibina di sasananya diminta mengikuti pemeriksaan gigi rutin.
“Sejujurnya mereka kurang suka pergi ke dokter gigi, mereka lebih memilih berlatih. Tapi setidaknya ini memberi perbedaan nyata pada kesehatan gigi mereka dan itu nantinya akan mencetak mereka jadi petinju yang lebih baik,” tegas Dr Mike.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close