Anak Sudah Besar Masih Suka Ngeces, Mungkin Ini Penyebabnya

Bagikan artikel ini

dfca925c-428b-44ec-a0b4-5da892c25d6d_169

Jakarta, Kesan imut dan lucu pada bayi yang air liurnya sering keluar dari mulut atau ngeces bisa hilang ketika kebiasaan tersebut terus berlanjut sampai tua.

Terkadang ada anak yang meski umurnya sudah cukup besar namun kebiasaan ngeces itu tetap masih ada. Hal ini dikatakan dokter tak wajar bila usia anak sudah di atas dua tahun.

dr Luh Wahyuni, SpKFR(K), dari Departemen Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan bila anak di atas dua tahun masih suka mengeluarkan air liur dari mulut, salah satu kemungkinannya adalah ada gangguan pada rahang bawah bayi.

“Bisa kemungkinan ada ototnya enggak kuat. Orang dalam semenit normalnya itu menelan ludah dua kali tapi kalau dia lemah ya jadi nggak bisa. Coba aja dites buka mulut terus nelan, bisa nggak?” kata dr Luh ketika ditemui di Hotel Grand Sahid dan ditulis pada Senin (14/9/2015).

Kemungkinan selanjutnya adalah adanya hambatan pada saluran napas. Anak yang pilek karena tak bisa bernapas lewat hidung maka ia akan gunakan mulutnya dan air liur juga jadi mudah untuk keluar.

dr Luh mengatakan pada bayi di bawah dua tahun kebiasaan ngeces ini tapi tak perlu dikhawatirkan.

“Kalau di bawah dua tahun dia ngeces bisa karena ada peralihan skill jadi misalnya dia dari enggak bisa duduk terus sekarang bisa, lalu ada pertumbuhan gigiBius Lokal Hambat Pertumbuhan Gigi?... baca selengkapnya..., atau terlalu berkonsentrasi saat main jadi lupa menelan,” pungkasnya.(fds/up)


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close