Agar Tak Jadi Penyakit, Ikuti 4 Tips Ngopi Sehat Ini

Bagikan artikel ini

490316d4-3fe6-4fba-a3ba-59cb9ab2d537_169Jakarta Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Meski begitu, patut diperhatikan bahwa minum kopi juga memiliki efek negatif bagi tubuh.

Penelitian membuktikan bahwa kopi dapat mengurangi risiko terserang kanker prostat hingga penyakit liver. Di sisi lain kopi juga disebut dapat menggangu sistem pencernaan serta membuat gigi menjadi berwarna kuning.

Untuk menghindari efek negatif ini, detikHealth pun merangkum 5 tips ngopi sehat, seperti dikutip dari CNN dan ditulis Senin (17/8/2015).

1. Hindari gula dan krim
Menambah gula dan krim untuk menghilangkan rasa pahit kopi sebenarnya tidak dianjurkan. Penelitian mengatakan menambah gula dan krim pada kopi justru menghilangkan manfaat kopi itu sendiri.

Secara tidak disadari, gula dan krim mengandung gula darah yang sangat tinggi. Akibatnya, seseorang akan lebih berisiko terserang diabetes4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... tipe 2.

2. Pilih penyeduh kopi berkualitas
Mesin yang digunakan untuk menghancurkan atau membuat kopi ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan. Beberapa mesin pembuat kopi yang mengandung filter (saringan -red) lebih disarankan karena dapat menyaring zat cafestol dari kopi Anda.

Sementara pembuat kopi lain seperti the French press, Turkish coffee atau kopi rebus yang populer di Skandinavia tidak disarankan karena cafestol tidak tersaring. Cafestol sendiri merupakan bagian dari kopi yang meningkatkan kadar kolesterol jahat.

3. Batasi asupan per hari

4. KonsultasiMasih Takut ke Dokter Gigi? Coba 10 Tips Berikut!... baca selengkapnya... ke dokter

 


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close