Agar Awet, Hindari Gosok Gigi Terlalu Keras!

Bagikan artikel ini

Banyak orang percaya bahwa dengan menggosok gigi secara keras, akan membuat gigi menjadi bersih dan putih. Anggapan tersebut harus segera diubah, sebab menggosok gigi keras-keras dengan memakai sikat gigi yang mempunyai permukaan kasar, malah membuat gigi menjadi nyeri dan rapuh.

 

Menurut Drg. Lita R. Darmawan, pakar estetika gigi dari klinik Kharinta Dental, Rabu (23/7), dengan memperlakukan gigi secara kasar dan keras sewaktu menggosok gigi bisa berakibat fatal. “Anggapan menggosok gigi secara keras-keras dengan menggunakan sikat berpermukaan kasar untuk mendapatkan gigi putih dan sehat harus segera diubah. Sebab bukan gigi sehat yang akan didapatkan, tapi akan membuat email gigi menjadi rapuh dan bisa-bisa gusi jadi berdarah,” terang Lita di Hotel Mulia, Jakarta.

Lita mengatakan, banyak pasien yang datang dengan tuntutan ingin segera mendapatkan bentuk dan tampilan gigi sehat dan sempurna, baik warna maupun bentuk dalam waktu singkat, setelah melakukan perawatan di klinik. “Pasien tidak segan mengeluarkan biaya besar demi mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, hal itu menjadi sia-sia, bila tidak diimbangi dengan perawatan yang dilakukan di rumah,” beber Lita.

Masih menurut Lita, beberapa hal yang berpotensi merusak ketahanan gigi harus segera dihindari, seperti proses membersihkan gigi dengan cara yang salah. Di samping itu, terlalu minim dalam membersihkan gigi yang membuat plak masih melekat di gigi juga ditengarai menjadi salah satu biang kerok kerusakan gigi.

“Cepatnya tenggat waktu saat mengonsumsi makanan panas dengan minuman dingin juga dapat merusak gigi. Kemudian pengkonsumsian rokok, kopi, teh dan alkohol dalam jumlah banyak juga beresiko membuat gigi rusak. Untuk itu perlu dilakukan perawatan sendiri di rumah (homecare), karena hal itu jauh lebih penting dari pada datang ke klinik setelah mendapatkan keluhan pada gigi,” jelasnya.

Perawatan yang dapat dilakukan di rumah menurut lita cukup sederhana. “Caranya dengan menyikat gigi secara teratur, dua kali sehari, dilanjutkan dengan berkumur memakai obat kumur yang mengandung antiseptik. Dan jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin setiap enam bulan sekali,” ujarnya.

Sebagai langkah lanjutan Lita menyarankan, untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan memperbanyak makan buah-buahan.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close