Beranda » Artikel » Adakah Efek samping dari pemutihan gigi dental bleaching?

Adakah Efek samping dari pemutihan gigi dental bleaching?

Mei 5, 2014

Masalah efek samping dalam perawatan pemutihan gigi/bleaching, biasanya adalah karena sensitivitas gigi masing-masing pasien yang berbeda. Selain itu, iritasi pada jaringan lunak seperti gusi jika bisa terjadi. Rasa ngilu dapat disebabkan dari penggunaan bahan hidrogen peroksida dapat berpentrasi ke ruang pulpa melalui email dan dentin. Oleh karena itu dianjurkan untuk dilakukan aplikasi fluor paska perawatan bleaching untuk mengurangi rasa ngilu.

Hasil dari pemutihan Gigi. Gigi putih sehat alami

Gigi putih sehat alami

Sebelum memutuskan untuk melakukan bleaching, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu agar kondisi gigi dapat diperiksa dan dilakukan perawatan awal.

Keadaan-keadaan di mana bleaching sebaiknya tidak dilakukan.

  1. Ruang pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf masih sangat besar, yaitu pada usia muda. Oleh karena itu bleaching tidak disarankan untuk anak-anak dan remaja.
  2. Kehilangan lapisan email yang berat, seperti pada keadaan fluorosis yang berat atau pada kasus hipoplasia email dan amelogenesis imperfekta.
  3. Gigi yang mempunyai banyak tambalan atau restorasi, terutama pada daerah gigi depan
  4. Riwayat alergi terhadap peroksida dilarang melakukan bleaching.

Dokter gigi sangat berperan penting dalam menentukan boleh atau tidaknya bleaching dilakukan. Keadaan rongga mulut perlu diperiksa terlebih dulu, gigi harus bersih dari kalkulus (karang gigi) dan karies.

Beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum melakukan pemutihan gigi/bleaching.

  1. Bila bleaching dilakukan secara berlebihan maka akan mencapai titik saturasi. Bila titik ini terlampaui, maka yang terjadi bukannya gigi bertambah putih tapi email akan rusak.
  2. Prosedur pemutihan gigi tidak dijamin manjur untuk semua kasus. Tidak semua perubahan warna pada gigi dapat diperbaiki dengan prosedur bleaching. Gigi dengan tetracycline stain berat mungkin warnanya bisa lebih terang tapi garis khas yang terlihat di permukaan gigi yang berubah warna akibat antibiotik ini tidak akan dapat dihilangkan. Gigi dengan fluorosis berat juga tidak dapat diperbaiki dengan bleaching. Pada keadaan tersebut dokter gigi seharusnya menjelaskan kepada pasien agar tidak kecewa dengan hasil perawatan, dan memberi alternatif perawatan lain seperti pembuatan mahkota tiruan atau dengan restorasi lain seperti labial veneer.
  3. Hasil dari perawatan bleaching bersifat sementara. Gigi mungkin kembali kuning, meski lamanya ketahanan efek dari perawatan ini masih diperdebatkan. Pola makan dan minum serta penjagaan kebersihan mulut sangat mempengaruhi efek jangka panjang dari perawatan bleaching. Setelah beberapa lama, perawatan bleaching dapat kembali dilakukan.

Cara pemutihan gigi melalui alat kedokteran atau biasa disebut dengan istilah bleaching gigi bisa dilakukan melalui klinik dokter gigi kepercayaan anda. Anda dapat menghubungi kami jika ingin berkonsultasi baik secara online melalui chat via web klinikjoydental.com, isi kotak konsultasi, via BBM, SMS atau telepon dan juga secara offline dengan datang ke alamat klinik gigi joy dental yogyakarta secara langsung.

Informasi kontak kami dapat anda lihat dibagian bawah.
Terimakasih.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram