Absen Sikat Gigi Malam Hari Suburkan Kuman

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutIngin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup... baca selengkapnya..., sikat gigiSebab & Solusi Mengatasi Masalah Gigi Sensitif... baca selengkapnya... sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari pada saat pagi sesudah makan dan sebelum tidur. Banyak orang tidak merasa malas ketika melakukan kebiasaan menyikat gigiAbrasi Gigi, Akibat Terlalu Keras Menyikat Gigi... baca selengkapnya... di pagi hari. Namun, berbeda saat malam hari, orang cenderung malas untuk menggosok gigiTak Perlu Menyikat Gigi Setiap Habis Makan... baca selengkapnya... sebelum pergi ke tempat tidur.

Padahal, menurut, Ketua Umum PB Persatuan Dokter Gigi6 Alasan Mengapa Gigi Harus Dicabut... baca selengkapnya... Indonesia (PDGI) Zaura Rini Anggraeni, menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangatlah penting. Perkembangbiakan kuman meningkat dua kali lebih tinggi pada malam hari. “Kuman akan mengeluarkan asam di malam hari lebih banyak. Kuman beraksi lebih tinggi karena air liur saat malam berkurang,” ujarnya dalam konferensi pers “Bulan Kesehatan GigiBerkumur dengan Minyak Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi?... baca selengkapnya... Nasional tahun 2012” di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Sering absen menyikat gigi baik pada pagi maupun malam hari dapat mempermudah terciptanya infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... dan gigi berlubangFaktor penyebab sakit gigi... baca selengkapnya.... Berdasarkan penelitian, penyebab infeksi pada gigi serupa dengan bakteri penyebab infeksi katup jantung. Gigi yang infeksi akan mengeluarkan gas, dan apabila terus didiamkan bakteri yang berada di dalamnya yakni StreptococcusProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya..., akan bergerak mengikuti aliran darah.

Bakteri ini akan berhenti di daerah yang disuka pada organ tubuh, misalnya pada jantung, ginjal atau paru-paru. Selain menyikat gigi, kesehatan gigi ditentukan pula dari asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Menurut  Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran GigiProsedur Pasang Behel Kawat Gigi... baca selengkapnya... Indonesia (AFDOKGI), Prof Eky S. Soria Soemantri,  makanan terlalu manis banyak mengandung gula yang memicu terbentuknya karang gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya.... “Karang gigi bisa menyebabkan gigi berlubang karena itu perlu dibersihkan. Ada karang gigi yang bisa hilang dengan cara cukup disikat saja. Tapi, karang yang sulit dapat dibersihkan oleh dokter gigi,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Eky, kunjungan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi adalah penting. Pemeriksaan ini dapat mencegah, mendeteksi secara dini bila gigi ada kelainan. Anjuran pemeriksaan ini merupakan anjuran umum Persatuan Dokter Gigi IndonesiaBiaya Kapitasi untuk Dokter Gigi Terlalu Minim... baca selengkapnya... (PDGI), dimana dokter dapat membantu mendeteksi kondisi gigi pasiennya. “Cek ke dokter belum tentu harus dirawat. Pemeriksaan itu dimaksudkan untuk mendeteksi apakah gigi pasien ada yang salah sehingga mudah segera diatasi,” ujarnya.