Tips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut

Bagikan artikel ini

Merawat gigi sejak dini

KlinikJoyDental.com – Memiliki gigi yang kuat dan mulut sehat hingga tua tentu diinginkan setiap orang. Selain memiliki fungsi untuk mengunyah makanan, Gigi dan mulut mempunyai fungsi estetika yang menunjang kecantikan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat diperlukan. Gigi dapat rusak jika gigi dan mulut kurang bersih.

Mungkin anda pernah merasakan yang namanya sakit gigi, itu pasti sangat mengganggu. Sakit gigi terjadi karena kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Organ lain dalam tubuh dapat terganggu jika kita mengalami kerusakan gigi. Banyak kasus ditemukannya komplikasi penyakit yang menjalar ke organ lain akibat gangguan kesehatan pada gigi. Untuk itu, kesehatan gigi harus benar-benar diperhatikan.

Agar mulut selalu mengeluarkan aroma segar dan tidak bau, menjaga kesehatan mulut dan gigi setiap saat adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi sejak dini terutama pada anak-anak. Menurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90 persen penduduk sebuah negara yang mengalami gigi berlubang. Dan gigi berlubang adalah “investasi untuk penyakit-penyakit kronis“, jelas Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS.

Rawatlah gigi sejak dini, karena merawat gigi sejak dini akan membuat gigi jauh lebih sehat dan kuat, serta bebas dari masalah-masalah dan gangguan kesehatan gigi saat kita dewasa kelak. Jangan abaikan sakit gigi yang kadang atau bahkan terlalu sering terjadi. Mengabaikan hal ini akan membuat gigi rusak dan keropos.

Gigi yang putih belum tentu sehat. Gigi yang sehat haruslah ditunjang dengan gusi dan akar gigi yang kuat. Sebenarnya, untuk mendapatkan gigi yang sehat, tidak membutuhkan usaha yang sulit. Mulailah jaga kesehatan mulut Anda mulai dari hal-hal terkecil.

Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, beberapa hal – yang kadang terdengar remeh – perlu dilakukan.

Berikut tips soal bagaimana merawat gigi Anda:

  1. Menggosok gigi sehari 2x dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, setelah makan dan sebelum tidur
  2. Menyikat gigi dengan baik dan benar
  3. Pilih sikat gigi yang tepat
  4. Menggunakan sikat gigi yang lembut
  5. Gantilah sikat gigi anda 3 bulan sekali atau saat bulu sikat mulai rusak
  6. Bersihkan lidah karena lidah merupakan tempat favorit bakteri penyebab bau mulut
  7. Memakai obat kumur sekali dalam seminggu untuk menghilangkan plak dan karang gigi
  8. Tidak boleh menggunakan pemutih gigi sembarangan
  9. Mengurangi makanan yang manis seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
  10. Perbanyak minum air putih
  11. Banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah
  12. Tidak merokok, hindari narkoba
  13. Kurangi minuman berwarna seperti kopi, teh dan minuman berpewarna
  14. Lakukan cek ke dokter gigi setiap 6 bulan secara teratur

Kesehatan gigi dan mulut sangat mahal harganya. Kebanyakan dari kita baru sadar ‘harga’ sebuah gigi justru saat gigi sudah rusak. Maka dari itu kesehatan gigi dan mulut harus senantiasa dijaga agar selalu bersih dan sehat.

Kesehatan gigi dan mulut jangan dianggap sepele karena gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tubuh kita. Permasalahan gigi pada anak seperti gigi keropos, berlubang atau gusi bengkak sering terjadi. Padahal, kesehatan gigi dan mulut yang baik pada orang dewasa juga tergantung pada keadaan gigi dan mulut mereka saat masih kanak-kanak.

Klinik Gigi Joy Dental


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *