pasang behel jogja, pasang kawat gigi jogja, harga behel yogya, harga kawat gigi jogjakarta, biaya pasang behel gigi yogyakarta, klinik gigi jogyakarta, behel gigi sehat permanen yogja, kawat gigi permanen yogjakarta, Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta | Praktek Dokter Gigi Yogyakarta | Pasang Kawat Gigi Yogyakarta | Pasang Behel Yogyakarta | Perawatan Orthodontik | Dental Care Yogyakarta

Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur Berisiko Infeksi Jamur

Setiap orang disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulutnya. Sikat gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... secara teratur dan dengan cara yang benar adalah salah satu cara yang harus dilakukan demi terhindar dari penyakit mulut, seperti sariawan dan infeksi. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang merasa akan lebih maksimal jika menggunakan obat kumurObat Kumur dan Pengusir Bau Mulut Buatan Sendiri... baca selengkapnya... untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

Sayangnya, menurut drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, penggunaan obat kumur yang terlalu sering bukanlah cara yang disarankan oleh dokter. Hal ini dikarenakan penggunaan obat kumur yang terlalu sering malah akan berisiko pada infeksi di dalam mulut.

“Walaupun dipercaya mampu membersihkan, yang namanya obat kumur itu kan tetap saja obat. Jadi memang tidak seharusnya digunakan terlalu banyak,” tutur drg Harum kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat, (18/4/2014).

drg Harum menjelaskan bahwa di dalam mulut manusia, terdapat jamur dan bakteri yang seimbang jumlahnya. Peran dari menyikat gigiSikat Gigi Ini Membantu Menjangkau Lebih Dalam Hingga Gigi Bagian Belakang... baca selengkapnya... adalah untuk membersihkan keduanya, sedangkan peran dari obat kumur adalah hanya untuk membersihkan bakteri.

“Ketika orang selalu menggunakan obat kumur, maka itu hanya akan mematikan dan membersihkan bakterinya saja. Tapi, hal itu malah akan membuat jamur mempunyai tempat untuk berkembang biak di dalam mulut. Akhirnya malah timbullah infeksi jamur,” terangnya.

Oleh karena itu, drg Harum menyarankan agar kebiasaan menggunakan obat kumur untuk mulai dikurangi. Menurutnya, penggunaan obat kumur sebaiknya hanya digunakan ketika orang tersebut mempunyai masalah pada mulut.

“Kalau tidak butuh, ya tidak usah pakai. Cukuplah menyikat gigi dengan benar dan teratur saja kalau untuk membersihkan mulut,” pesan drg Harum.