Sikat Gigi Baiknya Tunggu Sejam Usai Makan ?

TANYA :

Dok Citra, saya pernah mendengar bahwa menggosok gigi langsung setelah makan justru akan meningkatkan asam pada rongga gigi yang justru tidak baik. Dan saat terbaik untuk menggosok gigi adalah satu jam sesudah makan. Benarkah demikian ? Setiap kali saya menggunakan benang gigi, justru gusi saya akan berdarah. Apakah hal tersebut sehat ? Adakah alternatif lain yang bisa saya lakukan untuk mengganti pembersihan dengan benang gigi. Untuk kesempatan yang diberikan dan atas perhatiannya saya sampaikan banyak terima kasih.

(Awin, 27, Kudus)

JAWAB :

Awin yang baik,

Menyikat gigi langsung setelah makan memang kurang tepat, apalagi setelah kita mengkonsumsi makanan dan minuman asam.

Menurut penelitian terbaru yang tercantum pada jurnal internasional kedokteran gigi pada bulan Agustus 2012, disebutkan bahwa menyikat gigi langsung setelah minum minuman asam seperti soda dapat menyebabkan kehilangan lapisan dentin secara ireversibel, dibandingkan dengan menunggu dulu selama 1 jam sampai 2 jam. Penelitian ini dilakukan melalui scanning electron microscopy dan atomic force microscopy. Kesimpulan penelitian tersebut yaitu menyikat gigi sebaiknya dilakukan setidaknya menunggu 1 jam setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam untuk mencapai pembersihan yang maksimal dan mencegah terjadinya lesi pada dentin gigi.

Penelitian lain pada tahun 2003, juga menyebutkan waktu yang seharusnya dilakukan untuk menyikat gigi adalah 30 menit sampai 1 jam setelah makan. Penelitian ini menyebutkan bahwa menyikat gigi langsung setelah minum minuman berkarbonasi dapat menyebabkan kehilangan lapisan email gigi, dibandingkan dengan menunggu selama 30 menit sampai 60 menit.

Oleh karena itu, sebaiknya waktu menyikat gigi setelah makan dan minum terutama yang mengandung asam, adalah menunggu 1 jam sampai 2 jam kemudian. Hal ini akan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada email dan dentin gigi untuk melakukan pertahanan secara otomatis terhadap asam oleh air liur dalam mulut. Serta dapat mencegah terjadinya lesi pada email dan dentin gigi.

Sedangkan untuk pertanyaan berikutnya, mengapa pada saat menggunakan benang gigi justru gusi anda berdarah, mungkin teknik dan jenis benang gigi yang anda gunakan kurang tepat. Sebaiknya anda melakukan gerakan dengan benang giginya secara perlahan dan tidak terlalu menekan, serta gunakan benang gigi dengan jenis silk.

Kalau ternyata masih berdarah, sebaiknya konsultasikan dulu ke Dokter Gigi langganan anda. Mungkin saja gusi anda memang sedang mengalami peradangan, sehingga harus dilakukan perawatan terlebih dahulu.

Demikian Alwin, semoga dapat bermanfaat. Salam gigi sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *