Selain Gosok Gigi, Banyak Makan Serat Bisa Bantu Lindungi Kesehatan Mulut

Masalah karies atau gigi berlubang di Indonesia masih tinggi. Untuk mencegahnya menjaga kebersihan gigi adalah cara paling utama lewat rutin menggosok gigi dan juga banyak makan serat.

Menurut Ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan, drg Martha Juslily, MBA, kebiasaan masyarakat Indonesia yang banyak mengonsumsi makanan karbohidrat adalah salah satu penyebab tingginya kasus karies gigi. Ia mengatakan sekitar 75 persen populasi masyarakat memiliki masalah tersebut.

“Jadi karies itu penyakit multifaktor ada faktor makanan, gigi, kuman, dan waktu. Nah makanan berserat itu bisa mengurangi karies karena dia tidak menempel di gigi, dia tidak menimbulkan plak yang menyebabkan karies,” ujar drg Martha ketika ditemui pada acara galian pertama pembangunan Royal Dental Hospital di Gading Serpong, Tangerang, Selasa (24/3/2015).

Makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi memiliki sari pati mudah menempel di gigi. Hal ini lah yang kemudian akan menjadi plak seperti dikatakan oleh dr Martha.

Makanan seperti buah-buahan atau sayur berserat mungkin sekilas mudah menyelip di gigi karena serat-seratnya namun makanan tersebut tidak menempel di gigi. dr Martha mengatakan nasi atau roti di lain sisi tidak menyelip di gigi tapi sisa-sisanya akan menempel di gigi dekat gusi.

Oleh karena itu kebiasaan sikat gigi yang tepat tetap menjadi cara pencegahan yang tepat karena tak mungkin orang bisa menghindari makanan karbohidrat sepenuhnya. Hanya saja dr Martha menyarankan untuk mulai mempertimbangkan komposisi makanan yang dimakan.

“Yang paling gampang itu menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam. Itu yang belum banyak orang lakukan,” tutup dr Martha.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *