pasang behel jogja, pasang kawat gigi jogja, harga behel yogya, harga kawat gigi jogjakarta, biaya pasang behel gigi yogyakarta, klinik gigi jogyakarta, behel gigi sehat permanen yogja, kawat gigi permanen yogjakarta, Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta | Praktek Dokter Gigi Yogyakarta | Pasang Kawat Gigi Yogyakarta | Pasang Behel Yogyakarta | Perawatan Orthodontik | Dental Care Yogyakarta

Salah Cara Menyusu Pengaruhi Kesehatan Gigi Anak

KOMPAS.com – Mendapatkan gigi yang sehat ternyata ditentukan sejak masih dalam kandungan dan kedisiplinan merawat gigi susuMengenal Periode Pertumbuhan Gigi... baca selengkapnya.... Tak ayal, perawatan gigiInilah Cara Merawat Gigi Palsu... baca selengkapnya... yang dilakukan sedini mungkin akan berdampak sangat baik pada gigi yang sehat di kemudian hari. Tidak mendapat asupan gizi yang baik saat hamil dan salah cara menyusu merupakan faktor yang berpengaruh buruk bagi kesehatan gigiSelain Gosok Gigi, Banyak Makan Serat Bisa Bantu Lindungi Kesehatan Mulut... baca selengkapnya....

Menurut Ketua Persatuan Dokter GigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya... Indonesia (PDGI) drg. Zaura Rini, hal ini dikarenakan gigi mulai dibentuk saat berusia 20 minggu di dalam kandungan, meskipun gigi susu pertama umumnya baru tumbuh di usia kelahiran 6 bulan.

Menjaga kesehatan gigiPENTING: 3 Alasan Check-Up Gigi Rutin... baca selengkapnya... saat di dalam kandungan, lanjut dokter dengan sapaan akrab Rini ini, yaitu dengan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan gigi yang kuat dan sehat. Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup saat hamil akanberkontribusi untuk kesehatan gigi anakAnak Usia 5 Tahun Sudah Bisa Dibiarkan Gosok Gigi Sendiri? Ah Belum Tentu... baca selengkapnya....

Rini memaparkan, setelah baru lahir pun kesehatan gigi anakGejala Demam Belum Tentu karena si Kecil Tumbuh Gigi... baca selengkapnya... juga perlu diperhatikan, sekalipun gigi anak belum tumbuh. “Meskipun gigi belum terlihat, namun sudah ada bakal gigi yang tertanam dalam gusi,” ungkapnya.

Cara menyusui yang salah, kata Rini, dapat berakibat buruk pada kesehatan gigi. “Sering ditemui ibu yang menyusui anaknya sambil tidur dan membiarkan hingga anak tertidur. Padahal itu dapat merusak gigi anak,” jelasnya.

Menurut Rini, cara yang tepat saat menyusui anak adalah dengan memisahkan waktu menyusui dengan waktu tidur. “Saatnya menyusu ya menyusu, saatnya tidur ya tidur,” katanya.

Dengan menyendirikan waktu tidur dengan waktu menyusu, lanjut Rini, selain membuat gigi anak sehat, juga akan membuat anak lebih disiplin.

Kerusakan gigi akibat habis menyusu langsung tidur diakibatkan oleh asam yang dihasilkan dari air susu yang didiamkan dalam waktu yang relatif lama. Asam yang dihasilkan akan mempercepat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Bakteri inilah yang akan merusak gigi.

Selain itu, Rini juga merekomendasikan agar gusi bayi yang belum tumbuh gigi dibilas dengan air bersih agar hilang sisa-sisa susu setelah habis menyusu. “Bisa langsung diminumkan, atau cukup dengan menyekanya dengan kain basah,” pungkas Rini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca juga artikel ini . . . .close