Ragam Cara Gigi Atasi Gigi Tonggos: Diekstrak dan Dipasangi Kawat

Gigi tonggos alias teralu maju bisa mengganggu rasa percaya diri, bahkan pada kondisi ekstrem bisa memicu radang amandel. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasinya mulai dari ekstraksi gigi hingga pemasangan kawat.

Ekstraksi gigi dilakukan hanya pada anak-anak. Tindakan yang disebut juga serial extraction ini dilakukan jika gigi anak masih dalam masa pertumbuhan, dan diprediksi akan tumbuh menjadi gigi tonggos. Bisa juga dilakukan pada gigi susu yang tercabut.

“Giginya diestrak untuk menciptakan ruang dan keselarasan gigi akan terjadi untuk mencegah terjadinya gigi tonggos,” jelas Prof drg Armasastra Bahar, PhD dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, seperti ditulis Rabu (10/12/2014).

Serial extraction, menurut dokter gigi yang akrab disapa Prof Amra ini tidak bisa sekali jadi. Perlu dilakukan secara bertahap sesuai dengan usia perkembangan.

Cara lainnya adalah dengan memberikan stimulasi atau rangsang dengan cara ditekan-tekan. Biasanya, stimulasi diberikan pada pagi hari. Tidak ada jaminan cara ini berhasil, tetapi dilaporkan ada yang berhasil sempurna, dan ada yang tidak sempurna.

“Makanya disarankan berkonsultasi ke dokter gigi anak,” jelas Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD dari RS Pondok Indah.

Lain halnya dengan gigi tonggos orang dewasa. Karena akar giginya sudah tumbuh sempurna, maka perawatan untuk meratakan gigi tonggos hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi ortodenti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *