Prostodontik Menunjang Identifikasi Forensik

BANDUNG, KOMPAS.com – Metoda karakteristik gigi yang berkembang pada Prostodontik atau Ilmu Kedokteran Gigi"Hipnodontia" Untuk Kenyamanan Bagi Pasien Dokter Gigi... baca selengkapnya... dinilai efektif untuk menunjang identifikasi forensik. Sebab, karakteristik gigi memiliki validitas individu yang tinggi.

“Menurut perkiraan, peluang dua orang manusia mempunyai keadaan gigi dan mulutJauhi Kandungan Makanan Ini Agar Gigi dan Mulut Lebih Sehat... baca selengkapnya... identik adalah 1 : 2 miliar. Jika dikaitkan dengan Indonesia, di mana penduduknya sekitar 250 juta, maka kemungkinan hampir tidak ada yang sama keadaan gigi dan mulutnya,” tutur Prof. Rachman Ardan, staf pengajar Bagian Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran dalam orasi ilmiah sebagai guru besar, Jumat (11/12) di Kampus Unpad.

Menurut dia, keuntungan lainnya dari identifikasi menggunakan gigi adalah ketahanan gigi terhadap kondisi panas atau terbakar hingga 900 derajat Celsius, tahan terhadap abrasi dan asam, serta pembusukan. Dengan demikian, tidak mengherankan jika keadaan gigi kerap digunakan untuk mengidentifikasi fosil-fosil manusia purba yang berusia ribuan hingga jutaan tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca juga artikel ini . . . .close