Pertumbuhan Gigi Sesuai Usia

Kompas.com – Hampir semua bayi lahir tanpa gigi, atau paling tidak begitu kelihatannya. Padahal, sebenarnya gigi sudah mulai tumbuh di bulan ketiga kehamilan, sementara email dan dentin, yaitu jaringan keras gigi, mulai terbentuk pada bulan keempat usia janin.

Gigi pertama biasanya muncul saat bayi berusia 6 bulan. Munculnya gigi pertama ini sangat bervariasi, namun umumnya gigi mulai tersembul dari gusi sebelum bayi berulang tahun yang pertama.

Anda bisa merangsang pertumbuhan gigi dengan memberikan teether (mainan untuk digigit). Dengan menggigit-gigit sesuatu, bayi akan merasa nyaman karena rasa gatal di gusinya akibat nyeri gigi yang mau tumbuh sedikit berkurang.

Biasanya, gigi susu yang pertama muncul adalah gigi depan (gigi seri) pada rahang bawah diikuti gigi seri rahang atas. Kemudian diikuti munculnya geraham pertama lalu gigi taring. Yang terakhir muncul adalah geraham kedua. Umumnya gigi susu anak sudah lengkap di usia 3 tahun.

Gigi susu anak berjumlah 20 buah. Normalnya setiap gigi susu akan berganti dengan gigi tetap. Umumnya gigi tetap ini mulai tumbuh pada usia 6 tahun. Gigi seri depan bawah akan tumbuh terlebih dahulu diikuti gigi seri atas dan geraham pertama. Geraham kecil atau premolar dan gigi taring dewasa akan tumbuh kemudian.

Proses lepasnya gigi susu dan berganti dengan gigi tetap biasanya berlangsung selama anak sekolah dasar. Pada usia 14 tahun, ke-28 gigi tetap biasanya sudah lengkap. Sedangkan empat geraham terakhir yang disebut gigi bungsu, biasanya tumbuh pada masa awal dewasa, sehingga lengkaplah jumlah gigi tetap menjadi 32.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *