Panduan: 7 Cara Mudah Merawat Gigi Sensitif dan Ngilu

KlinikJoyDental.com – Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang perlu diperhatikan setiap hari. Oleh karena itu perawatan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan secara rutin agar terbebas dari masalah sakit gigi atau gigi sensitif. Gigi sensitif seringkali menjadi momok sehingga tidak membebankan Anda untuk mengkonsumsi sejumlah makanan yang mungkin termasuk ke dalam daftar makanan favorit. Hal in dilakukan sebagai salah satu usaha untuk menghindarkan diri dari rasa ngilu hebat dan tiba-tiba yang mungkin dialami ketika tidak mematuhi pantangan ini.

Setiap penyakit ada obatnya, begitu juga untuk gigi sensitif, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan biarkan kesehatan gigi dan mulut terbengkalai, oleh karena itu biasakan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan tips mudah yang dapat anda lakukan setiap saat. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah gigi yang satu ini. Berikut ini akan penulis paparkan beberapa cara merawat gigi sensitif dan ngilu akibat gigi sensitif untuk para pembaca sebagai salah satu referensi solusi yang mungkin bisa bermanfaat.

Panduan 7 cara mudah merawat gigi sensitif dan ngilu ini dapat anda ikuti sebagai solusi yang aman.

1. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Menggunakan pasta gigi yang dibuat khusus untuk penderita gigi sensitif merupakan cara merawat gigi ngilu yang paling utama. Cara ini selain bisa menjadi terapi khusus ternyata juga terbukti dapat secara signifikan mengurangi frekuensi timbulnya rasa ngilu jika dilakukan sesuai dengan anjuran. Dalam box pasta gigi umumnya akan dijelaskan aturan pakai yang baik dan benar. Mematuhi aturan pakai pasta gigi sensitif, dapat menjadi satu langkah cara perawatan gigi ngilu akibat gigi sensitif yang bisa membebaskan Anda dari masalah tersebut. Sehingga bukan tidak mungkin masalah gigi yang rumit ini bisa Anda akhiri secara nyata.

2. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut

Sikat dengan bulu yang lembut merupakan terapi cara merawat gigi ngilu. Dengan ulu sikat yang lembut Anda bisa mendapati frekuensi ngilu pada gigi yang berkurang. Hal ini diakibatkan alasan timbulnya ngilu bisa disebabkan karena cara menggosok gigi yang malah menyakiti gigi itu sendiri. Sehingga tak jarang orang yang menyikat gigi dengan cara yang tidak benar mendapatkan rasa nyeri setelah menggosok giginya.

3. Mengkonsumsi buah apel

Cara merawat gigi ngilu selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah apel dapat merangsang produksi air liur yang juga memiliki pengaruh dalam terbentuknya rasa ngilu. Dalam sejumlah penelitian, produksi air liur yang kurang dan mulut kering dapat meningkatkan resiko nyeri dan meningkatnya tingkat sensitivitas gigi.

4. Lakukan perawatan gigi yang benar

Perawatan gigi yang benar untuk gigi sensitif tentu dapat berpengaruh pada tingkat kesembuhan penderita gigi sensitif. Cara perawatan sakit gigi ngilu ini dapat ditempuh dengan pengetahuan yang benar mengenai cara menggosok gigi. And bisa mengurangi tekanan saat menggosok gigi dengan gerakan menggosok yang berputar. Tekanan saat menggosok gigi dapat meningkatkan rasa ngilu gigi ketika bersentuhan dengan makanan.

5. Kurangi kebiasaan buruk yang melibatkan gigi

Kebiasaan menggertakkan gigi atau menggigiti benda saat waktu senggang dapat berpengaruh buruk terutama pada Anda yang memiliki riwayat gigi sensitif.

6. Kurangi konsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan minuman yang sangat asam yang bisa mengeroposkan email sebagai bentuk perlindungan gigi. Selain mengurangi frekuensi minuman terlalu panas, dingin dan manis, minuman bersoda ini juga wajib untuk Anda hindari.

7. Berkonsultasi ke dokter gigi

Cara merawat gigi sensitif dan ngilu yang satu in merupakan cara yang paling disarankan untuk dilakukan. Selain bisa mengetahui dengan mudah status kesehatan gigi dan mulut, dengan berkonsultasi ke dokter gigi Anda bisa memantau perkembangan status gigi sensitif Anda. Dengan mengetahui hasil pemeriksaan ini Anda bisa menentukan tindakan perawatan dan lanjutannya. Anda juga bisa memantau tingkat keberhasilan cara perawatan gigi ngilu alami yang telah Anda lakukan untuk mengurangi dampak tidak nyaman dari gigi sensitif ini. Anda juga bisa secara bebas menanyakan bagaimana perawatan yang tepat untuk gigi sensitif yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara yang bisa penulis paparkan mengenai cara merawat gigi sensitif dan ngilu agar Anda bisa senantiasa beraktifitas tanpa dibayangi rasa ngilu yang mengganggu. Semoga dapat dijadikan referensi yang bermanfaat bagi pembaca klinikjoydental.com sekalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *