Minum Kola Setiap Hari, Gigi Pria Ini Membusuk

TEMPO.CO, Adelaide – Seorang pria yang mengkonsumsi delapan liter kola per hari kehilangan seluruh giginya di usia 25 tahun. Ia adalah William Kennewel, karyawan di sebuah hotel di Australia. Ia mengabaikan peringatan dokter giginya akan kegemarannya mengkonsumsi minuman ringan bersoda itu. “Saya minum 6 sampai 8 liter minuman ringan, seringnya kola, setiap hari,” ujar Kennewell.

“Saya diberi tahu orang normal punya sekitar 23 gigi, sedangkan gigi saya tinggal 13 dan semuanya harus dicabut,” katanya kepada sebuah surat kabar di Adelaide. Nyatanya, kebanyakan orang dewasa memiliki 28 sampai 32 gigi, tergantung perlakuannya terhadap gigi mereka.

Saat ini Kennewell memakai satu set gigi palsu untuk mengganti seluruh giginya yang membusuk akibat banyaknya jumlah kola yang ia konsumsi setiap hari.

Dr. Jason Armfield, seorang peneliti di Australian Research Centre for Population Oral Health menganjurkan untuk menyertakan peringatan kesehatan di setiap label kemasannya. Ini dilakukan karena menurut penelitian yang telah Ia lakukan, 56 persen anak-anak usia 5 sampai 16 tahun mengkonsumsi paling tidak satu minuman manis setiap harinya.

Untuk kasus Kennewell, tidak heran giginya membusuk, karena rata-rata, dalam 335 mililiter kola, terkandung 39 gram gula.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *