Meski Tak Ada Gigi, Mulut Bayi Perlu Dibersihkan Agar Tak Berjamur

1327ee9c-96ca-4fb8-b453-c957675397e1_43Jakarta, Kebiasaan menyikat gigi banyak dikatakan ahli harus dimulai sedini mungkin sejak anak-anak. Meski bayi tak memiliki gigi tapi kebersihan mulutnya harus tetap terjaga.

Bayi yang sehari-hari hanya mengonsumsi air susu ibu (ASI) bukan berarti mulutnya selalu bersih. sifat ASI yang tertinggal dalam mulut bisa berubah jadi asam dan mengundang penyakit.

Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar drg Kartini Rustandi, MKes, mengatakan biasanya orang tua tak menyadari hal ini dan membiarkan mulut anak begitu saja. Akibatnya mulut pun bisa terserang jamur.

“Bisa pakai kain kasa steril dibersihkan. Setiap habis minum susu itu bersihkan supaya tidak ada pertumbuhan jamur. Kalau ada jamur lidah dan langit-langit mulutnya akan berwarna merah dan anak jadi rewel,” kata drg Kartini pada acara temu media di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, dan ditulis pada Senin (28/9/2015).

Membersihkan mulut bayi dengan kasa dapat dilakukan dengan cara melilitkan kain di jari ibu. Kain kemudian bisa dicelupkan ke air hangat dan perlahan digosok di sela gusi dan dinding mulut bayi.

Diharapkan hal ini akan tertanam pada bayi sehingga kelak saat bertambah dewasa ia terbiasa memperhatikan kebersihan mulutnya.

“Kebiasaan sikat gigi itu sejak bayi sudah harus disiapkan,” pungkas drg Kartini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *