Mengatasi Bayi Rewel karena Tumbuh Gigi

Jakarta, Ketika anak menginjak usia 6 bulan gigi depan pertamanya akan mulai tumbuh dan dikatakan oleh dokter hal ini bisa menjadi pengalaman yang tak nyaman.

Sama seperti pada orang dewasa tumbuhnya gigi pada bayi bisa disertai rasa gatal, sakit, dan dalam beberapa kasus bahkan bisa membuat demam. Oleh karena itu bayi biasanya akan mudah rewel seperti dikatakan oleh dokter gigi di poli umum Kementerian Kesehatan drg Indra Dharmawan.

Agar bayi bisa sedikit lebih nyaman drg Indra mengatakan bayi bisa diberikan mainan-mainan yang memang khusus untuk digigit. Pilih mainan dengan label non-toxic di tempat-tempat terpercaya.

“Pasti dia ingin menggigit-gigit itu karena gatal. Kan ada mainannya tuh yang bisa digigit kaya karet gitu,” kata drg Indra pada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (28/9/2015).

Mainan tersebut memang berfungsi merangsang pertumbuhan gigi dan rahang bayi agar tumbuh optimal. drg Indra mengatakan bila tak menggunakan mainan, bayi bisa menggigit tangannya sendiri namun orang tua harus memerhatikan kebersihannya.

“Atau bisa juga pakai makanan. Biskuit-biskuit bayi itu kan lumayan keras dan lebih efektif juga kan jadinya,” kata drg Indra menerangkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) juga bisa untuk digigit bayi.

“Makanan yang ringan-ringan aja sih yang agak keras. Kan ada buah juga misalnya pisang,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *