Memilih dan Merawat Sikat Gigi Anak Balita

Mengajak anak untuk merawat gigi sejak dini sangat penting agar si anak bisa belajar memperhatikan kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Hal ini perlu dilakukan, sehingga saat anak dewasa nanti tidak banyak mengalami kesehatan gigi.

Perilaku atau kebiasan anak yang buruk untuk membersihkan gigi dan mulut biasanya bergantung cara orang tua dalam mengenalkan perawatan yang buruk juga. Si anak bisa menjadi malas untuk membersihkan gigi, malas mengganti sikat gigi dan juga malas untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara berkala karena suatu alasan ‘di masa lalu’ tersebut.

Memilih sikat gigi anak

Sikat gigi adalah salah satu “senjata” penting penentu kesehatan gigi anak. Dengan sikat gigi, berbagai kotoran yang menempel di gigi balita dibersihkan.

Disadur dari web ayahbunda.co.id, Sikat gigi anak yang berkualitas baik berciri sebagai berikut.

+ Kepala sikat berukuran relatif kecil, sehingga mudah mencapai semua bagian gigi.
+ Panjang sikat gigi sesuai ukuran mulut anak.
+ Sikat terbuat dari bahan lunak sehingga tidak melukai gusi.
+ Ujung sikat berbentuk sedikit membulat.

Agar dapat berfungsi dengan baik, sikat gigi perlu dirawat dengan cara berikut ini.

+ Bersihkan setiap kali selesai digunakan.
+ Simpan dengan digantung agar cepat kering bulu-bulu sikatnya.
+ Ganti sikat gigi apabila bulu sikat gigi sudah mengembang, tidak lurus, mulai rontok atau sudah terlalu lunak (lembek). Atau, ganti juga sikat gigi untuk balita baru sembuh dari sakit, untuk menghindari kemungkinan terinfeksi ulang dari kuman yang tersisa di bulu sikat gigi.

Untuk konsultasi gratis, silahkan datang langsung ke Klinik Joy Dental Yogyakarta, sehingga dapat diambil tindakan medis sebagai solusi dari masalah kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan keadaan masing-masing penderita yang berbeda satu sama lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *