Makanan Lunak Sahabat Sakit Gigi

KOMPAS.com – Sakit gigi akibat tumbuhnya gigi bungsu tentu menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama saat ingin menyantap makanan-makanan enak. Namun bukan berarti kita harus kelaparan saat mengalami kondisi tersebut.

Para pakar menyarankan untuk tetap mengonsumsi makanan, tetapi dalam bentuk lunak. Karena selain mengatasi rasa lapar, makanan lunak juga mampu mengurangi rasa sakit tersebut.

Saat mengalami sakit gigi, mereka menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung biji-bijian dan serat. Ini karena makanan-makanan tersebut berpotensi untuk tersangkut di gigi dan memperparah rasa sakit.

Nah, supaya tetap nyaman makan enak dalam kondisi sakit gigi, tak ada salahnya untuk mencoba makanan-makanan berikut ini.

1. Sup

Sup ayam atau jagung cukup lembut untuk dikunyah. Bila perlu, campurkan telur ke dalam sup untuk menambah kandungan nutrisi makanan ini.

2. Kentang

Rebus kentang, tumbuk, dan tambahkan sedikit bumbu. Kentang kaya akan zat besi dan zinc yang membantu meringankan rasa sakit.

3. Telur

Telur dapat digoreng atau direbus untuk dikonsumsi saat sakit gigi. Teksturnya yang lunak membantu mengatasi sakit yang Anda rasakan.

4. Oat

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk sakit gigi. Rebus oatmeal dan bila perlu tambahkan pisang tumbuk untuk mendapatkan rasa manis.

5. Yogurt

Selain baik untuk sakit gigi akibat tumbuhnya gigi bungsu, yogurt juga merupakan makanan yang baik untuk sakit gigi pada umumnya. Ini karena yogurt mampu mengatasi rasa nyeri.

6. Jeli

Rasa jeli yang beraneka macam membuatnya lebih menarik untuk dimakan. Jeli dengan campuran buah juga baik untuk sakit gigi karena mengandung vitamin.

7. Jus sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin yang dibutuhkan saat sakit gigi. Membuat sajian jus mungkin lebih baik karena jadi lebih mudah ditelan.

8. Es krim

Setiap dokter gigi menyarankan untuk mengkonsumsi es krim untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Dinginnya es krim membuat mati rasa, terlebih es krim mengandung kalsium yang baik untuk gigi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *