Kunyah Permen Karet Perangi Satu Miliar Bakteri

Kunyah permen karet perangi satu miliar bakteri

Mengunyah permen sering disalahkan sebagai penyebab gigi berlubang pada anak. Tetapi, jenis permen ini, dalam penelitian ilmiah berjudul Quantification and Qualification of Bacteria Trapped in Chewed Gum, terbukti bermanfaat untuk kesehatan mulut.

Permen itu adalah permen karet. Proses mengunyah permen karet menurut penelitian tersebut terbukti dapat memerangkap bakteri berbahaya dan membuangnya saat disepah. Seperti judulnya, penelitian ini juga mengukur keefektifan dari jumlah permen karet yang dimakan.

Lima sukarelawan mengunyah satu dari dua permen karet mint dalam waktu beragam, mulai dari 30 detik sampai 10 menit. Sebagai catatan, tes mengunyah tersebut, dilakukan menurut kebiasaan mereka, tanpa aturan mengunyah yang spesifik. Sukarelawan tersebut kemudian diminta membuang ampas permen ke cangkir berisi air steril.

Sekitar satu miliar bakteri ditemukan dalam satu permen karet. Jumlah bakteri tersebut sama dengan jumlah yang ditemukan pada sikat gigi, yang telah digunakan tanpa pasta gigi. Peneliti mencatat bahwa, jumlah bakteri dapat bertambah bila lama waktu mengunyah bertambah, namun daya ikat permen karet berkurang setelah 30 detik. Demikian seperti dilansir dari Foxnews, Kamis (22/1/2015).

Namun jangan terlalu sering mengunyah permen secara berlebihan karena apapun alasannya hal yang berlebihan tetap tidak baik sehingga harus dihindari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *